Menteri Hanif Hadiri Pembukaan Rakor Pejabat Fungsional Kemnaker

| Kamis, 27/06/2019 17:51 WIB
Menteri Hanif Hadiri Pembukaan Rakor Pejabat Fungsional Kemnaker Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (foto: @kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menghadiri pembukaan rapat koordinasi pejabat fungsional pengantar kerja dan rapat koordinasi atase ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI di Jakarta, Rabu 26 Juni 2019.

Rapat koordinasi mengangkat tema “Strategi pengantar kerja dalam transformasi pelayanan penenpatan berbasis digital dan penguatan atase/kepala bidang ketenagakerjaan/staf teknis dalam pelidungan pekrja migran Indonesia,”

Dalam sambutannya, Menaker Hanif Dhakiri menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan informasi mendorong perubahan model bisnis/industri, jenis pekerjaan, serta skill yang dibutuhkan.

“Perkembangan teknologi dan informasi juga menghilangkan perbedaan pasar kerja dalam negeri dan luar negeri,” kata Menaker Hanif Dhakri.

Hal tersebut, lanjut Hanif, menjadi peluang dan tantangan Pemerintah Indonesia dalam menyiapkan SDM Kompeten. Dimana kompetensi SDM harus relevan dengan pasar kerja dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan adanya berbagai perubahan di era digital, Menaker Hanif juga berpesan kepada Pejabat Pengantar Kerja untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Karena, sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan penempatan tenaga kerja, Pengantar Kerja akan berinteraksi secara cepat dan langsung dengan pencari kerja maupun pemberi kerja.

“Sehingga, fungsi dan peran besar tersebut harus didukung dengan pemanfaatan teknologi dan informasi. Agar pelaksaan fungsi Pengantar Kerja dapat berjalan lebih baik,” katanya.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,