Soal Rekonsiliasi, Karding: Semua Tergantung Jokowi

| Sabtu, 29/06/2019 08:56 WIB
Soal Rekonsiliasi, Karding: Semua Tergantung Jokowi Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wacana rekonsiliasi antara dua sosok Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto belakangan ini terus mengemuka. Rekonsiliasi dinilai menjadi jalan tengah meredam dinamika politik yang sempat memanas.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menilai ada empat langkah yang akan diambil dalam upaya membangun rekonsiliasi pasca-Pemilu 2019.

Pertama, Karding menilai perlu terlebih dahulu dibangun komunikasi yang baik antar dua tokoh nasional tersebut. Kedua memastikan siapa saja yang akan diajak koalisi jika rekonsiliasi tersebut terjalin.

"Ketiga, syarat apa saja yang harus disampaikan dalam koalisi, keempat semua tergantung Jokowi dan dibicarakan dengan parpol koalisi pendukung," kata Karding dilansir Antara di Jakarta, Jumat 28 Juni 2019.

Dia mengatakan dalam rekonsiliasi itu ada proses komunikasi politik dan implikasinya berupa "sharing power" yang dimungkinkan terjadi di parlemen maupun dalam kabinet, namun tergantung kesepakatan.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma`ruf ini menambahkan, dalam dunia politik, kalau rekonsiliasi dilaksanakan, jangan "power sharing" menjadi satu-satunya syarat sehingga melupakan yang lain.

"Yang dibutuhkan adalah rekonsiliasi dalam bentuk substantif, ada kedewasaan bersama yaitu ingin bersama bangun bangsa, setelah pilpres untuk kesejahteraan bersama," tukas Karding.

Tags : Jokowi , Kadir Karding , PKB , Rekonsialisi ,