Kemnaker Gelar Workshop Peningkatkan Peran Indonesia dalam Kerjasama dengan Malaysia dan Thailand

| Kamis, 11/07/2019 19:13 WIB
Kemnaker Gelar Workshop Peningkatkan Peran Indonesia dalam Kerjasama dengan Malaysia dan Thailand Biro Kerjasama Luar Negeri, Kemnaker menggelar workshop ‘Peningkatan Peran Indonesia pada Kerja Sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (foto: @kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Biro Kerjasama Luar Negeri (KLN), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar workshop ‘Peningkatan Peran Indonesia pada Kerja Sama Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT)" di Palembang, Rabu 10 Juli 2019, kemarin.

Workshop tersebut dibuka oleh Staf Ahli Menaker bidang Kerja Sama dan Hubungan Luar Negeri, Suhartono dan dihadiri juga oleh Kepala Biro KLN Kemnaker, Indah Anggoro Putri.

“Workshop ini bertujuan untuk mengevaluasi dan tindak lanjut Project Working Group on Human Resources Development, Education, and Culture (WG HRD-EC) Indonesia,” kata Suhartono.

Suhartono menjelaskan, IMT-GT merupakan kerja sama strategis dalam pengembangan perekonomian Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Bagi Indonesia sendiri, IMT-GT fokus pada 10 provinsi di Sumatera.

“Saat ini, IMT-GT telah memasuki fase baru dengan visi terciptanya kawasan sub-regional yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkesinambungan pada tahun 2036,” katanya.

Menurutnya, salah satu upaya mencapai visi ini adalah Working Group on Human Resources Development, Education, and Culture (WG HRD-EC). Untuk mewujudkan working group ini, telah disusun Implementation Blueprint (IB) 2017-2021. Dalam periode 5 tahun IB ini, akan dilakukan upaya peningkatan tenaga kerja kompetitif, peningkatan efisiensi dan konektivitas pasar kerja.

“Indonesia sendiri tengah mengembangkan 2 project, yakni Vocational Training Centre Networking (VCTei) dan Labour Market Information System (LMIS). Saat ini telah dilakukan revitalisasi BLK untuk meningkatkan kompetensi SDM serta perbaikan layanan informasi pasar kerja yang terintegrasi dengan 3 negara IMT,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, diharapkan pemerintah daerah dapat mendukung implementasi project tersebut serta memberikan usulan project baru sesuai dengan IB 2017-2021.

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,