Ditjen PHI-JSK Kemnaker Gelar Pelatihan Teknik Negoisasi di Pangkal Pinang

| Kamis, 11/07/2019 19:35 WIB
Ditjen PHI-JSK Kemnaker Gelar Pelatihan Teknik Negoisasi di Pangkal Pinang Ditjen PHI-JSK, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar ‘Pelatihan Teknik Negosiasi Bagi Pelaku HI (foto: @ditjenphijsk)

PANGKAL PINANG, RADARBANGSA.COM - Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI-JSK), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar ‘Pelatihan Teknik Negosiasi Bagi Pelaku HI (Hubungan Industri) di Pangkal Pinang, Kamis 11 Juli 2019.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal PHI-JSK, Haiyani Rumondang mengatakan, kesamaan cara pandang antara stakeholder hubungan industrial adalah hal pokok menuju HI yang harmonis dan berkeadilan.

“Wadah untuk menyamakan cara pandang adalah adanya ruang dialog HI dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Di sinilah dibutuhkan kecakapan, kiat kiat negosiasi,” kata Haiyani Rumondong.

Pelatihan yang dihadiri 100 peserta dari unsur pemerintah, manajemen perusahaan dan serikat buruh itu, Haiyani menyampaikan pengarahan kepada para peserta, “Kunci penting Hubungan industrial yaitu musyawarah dan perundingan yang dapat terwujud dalam PKB,” katanya.

“Teknik negosiasi merupakan hal yg sangat penting dalam proses musyawarah dan perundingan. Permasalahan HI sering muncul karena kurangnya dialog antar pekerja dan manajemen. Oleh karena pelatihan ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan dialog yang efektif,” paparnya.

Haiyani berharap para peserta yang terdiri dari pemerintah, serikat pekerja dan managemen perusahaan tersebut bisa menerapkan ketrampilan teknik negoisasi dan bisa menularkan ilmu yang berguna untuk kepentingan organisasi dan secara umum meluas untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis.

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,