Sudah 3.000 Jemaah Haji Indonesia Berada di Mekkah

| Selasa, 16/07/2019 20:20 WIB
Sudah 3.000 Jemaah Haji Indonesia Berada di Mekkah Jemaah Haji (foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lebih dari tiga ribu jemaah haji Indonesia saat ini  telah berada di Kota Makkah. Berdaasarkan data Siskohat,  hingga Senin 15 Juli 2019 malam, 3.046 jemaah tersebut terbagi dalam tujuh kloter.

“Sejak tanggal 14 Juli kemarin, sudah ada tujuh kloter jemaah yang tiba di Makkah. Terdiri dari dua kloter asal embarkasi Surabaya (SUB), dua kloter asal embarkasi Batam (BTH), serta masing-masing satu kloter jemaah asal embarkasi Lombok (LOP), Padang (PDG), dan Jakarta Bekasi (JKS),” jelas Kadaker Makkah Subhan Cholid, Selasa 16 Juli 2019.

Dikutip dari laman kemenaggoid, jemaah haji setibanya di kota kelahiran nabi ini, dijadwalkan akan melaksanakan umrah wajib. Subhan pun mengimbau jemaah haji untuk tetap memperhatikan kesehatannya dalam menjalankan ibadah.

“Usai melaksanakan umrah wajib, kami mengimbau jemaah untuk mengatur ritme ibadah sunahnya. Jangan memaksakan diri untuk melaksanakan umrah setiap hari,” ujar Subhan.

Hal ini penting untuk diperhatikan para jemaah haji, mengingat mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi puncak haji di Arafah. “Ingat, inti dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah. Jangan sampai karena kita mengejar ibadah sunah,tapi nanti saat puncak haji malah ketahanan tubuh sudah menurun,” pesan Kadaker.

Subhan mengatakan, hari ini dijadwalkan sebanyak 6.594 jemaah haji Indonesia akan kembali memasuki Kota Makkah. “Hari ini dijadwalkan ada 16 kloter jemaah yang akan memasuki kota Makkah. Yang akan tiba pertama,  Kloter pertama dari embarkasi Solo (SOC-01) yang akan tiba puku 13.00 WAS nanti,” jelas Subhan.

Tags : Haji 2019 ,

Berita Terkait