Kementerian PUPR Dorong BUJT Tingkatkan Pelayanan di Rest Area Tol

| Kamis, 18/07/2019 20:33 WIB
Kementerian PUPR Dorong BUJT Tingkatkan Pelayanan di Rest Area Tol Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman (foto: pugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk dapat memenuhi dan meningkatkan pelayanan di rest area.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Sudirman, keberadaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area menjadi perhatian luas publik.

Peran rest area juga, kata Sudirman, sebagai bagian dari standar pelayanan jalan tol sangat penting dalam mendukung aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara di Tol. Tuntutan pelayanan TIP meningkat terutama pada masa hari libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru.   

"Dari hasil pengamatan lapangan pada ruas tol Jagorawi, misalnya masih ada beberapa rest area yang tidak menyediakan fasilitas khusus untuk memberikan kemudahan bagi kaum difabel dan lanjut usia, seperti jalur landai untuk akses kursi roda. Toilet khusus difabel dan anak-anak juga belum banyak disediakan," kata Sudirman.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan Permen PUPR No. 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol. 

Tags : PUPR , Rest Area , Jalan Tol ,