Ada 9 Kesepakatan Kerjasama dalam Pertemuan Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi

| Rabu, 24/07/2019 19:09 WIB
Ada 9 Kesepakatan Kerjasama dalam Pertemuan Jokowi dan Putra Mahkota Abu Dhabi Ada sebilan kesepatan kerjasama dengan Uni Emirat Arab (foto: setkab)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Dalam kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan ke Indonesia, ada 9 (sembilan) kesepatakan yang dihasilnya.

Dikutip dari laman setkabgodi, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan, kesembilan MoU yakni: 1. MoU Peningkatan Perlindungan Investasi; 2. MoU Penghindaran Pajak Berganda; 3. MoU Industri; 4. MoU Kepabeanan; 5. MoU Pariwisata; 6. MoU Kelautan dan Perikanan; 7. MoU Pertahanan; 8. MoU Kekonsuleran; dan 9. MoU Kebudayaan.

Selain itu, lanjut Menlu, ada 3 MoU Business to Business yang ditandatangani yaitu pertama antara Pertamina dan Adnoc untuk pengembangan RDMP Balikpapan, Integrated Supply Chain, LNG Storage. Kemudian yang kedua antara PT Chandra Asri dan Mubadala untuk proyek new napta cracker dan petrochemical complex.

“Yang ketiga adalah antara PT Maspion Indonesia dengan DP World Asia mengenai pengembangan terminal peti kemas dan kawasan di Jawa Timur,” kata Menlu Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu 24 Juli 2019.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam menerima kunjungan kenegaraan ini antara lain Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Pariwisata Arief Yahya serta menteri lainnya.

Tags : Presiden Jokowi ,