Menristekdikti: Perekrutan Rektor Asing akan Dimulai pada 2020

| Jum'at, 26/07/2019 17:52 WIB
Menristekdikti: Perekrutan Rektor Asing akan Dimulai pada 2020 Menristekdikti Muhamad Nasir. doc. istimewa

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir mengatakan bahwa perekrutan rektor asing akan dimulai pada tahun 2020.

"Harapan saya nanti mulai tahun 2020 sudah diumumkan ke publik. Target tidak banyak-banyak, ada dua atau berapa perguruan tinggi selama 4 hingga 5 tahun ke depan sampai 2024 yang dipimpin oleh rektor asing," Ujar Muhammad Nasir saat konferensi pres di Gedung Ristekdikti, Jakarta, Jum`at 26 Juli 2019.

Ditanya seperti apa kategori perguruan tinggi yang akan dipimpin oleh rektor asing, Muhammad Nasir menjelaskan bisa perguruan tinggi swasta atau negeri. Ia pun menjelaskan akan mempetakan terlebih dahulu mana perguruan tinggi yang siap kami  undang.

Selain itu, Muhammad Nasir juga menyampaikan akan koordinasi dengan Menteri Keuangan terkait pendanaan rektor asing selama memimpin perguruan tinggi di Indonesia.

Muhammad Nasir juga memaparkan tentang kualifikasi rektor asing dengan kriteria khusus yang bisa menunjang peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia.

Rektor asing, kata Menristekdikti harus memiliki rekam jejak dan strategi baik untuk memajukan kualitas perguruan tinggi dan suda punya bukti dalam masa kepemimpinannya di perguruan tinggi sebelumnya.

Untuk itu, Menristekdikti mengatakan perguruan tinggi yang sudah siap bisa mengusulkan ke pemerintah dan berdiskusi bersama hingga terpilih sosok rektor asing yang benar-benar bisa meningkatan mutu pendidikan Indonesia.

Tags : Menristekdikti , Muhammad Nasir , Rektor Asing

Berita Terkait