Presiden Jokowi Posting Kondisi Jalan di Perbatasan Papua yang Lebarnya 7 Meter

| Senin, 29/07/2019 17:44 WIB
Presiden Jokowi Posting Kondisi Jalan di Perbatasan Papua yang Lebarnya 7 Meter Kondisi ruas jalan di perbatasan pegunungan Bintani Papua (foto: Facebook Presiden Joko Widodo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memposting ruas jalan perbatasan di Pegunungan Bintan, Papua. Jalan selebar tujuh meter ini bagian dari 1.098 kilometer jalan perbatasan dari Merauke ke Jayapura, hingga Papua Nugini.

“Keberadaan jalan, kendati masih berupa jalan tanah, telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat perbatasan di Papua. Jarak antar pusat ekonomi wilayah yang ditempuh berminggu-minggu dengan berjalan kaki, sekarang dalam hitungan hari setelah dapat dilintasi kendaraan. Bahkan nantinya, semakin singkat dalam hitungan jam,” tulis Presiden Jokowi melalui akun Facebooknya, Senin 29 Juli 2019.

Ruas jalan tanah tersebut menghubungkan distrik Limarum dengan Kota Oksibil. Di ruas lain, dari Sota – Erambu – Bupul sepanjang 111 kilometer sudah diaspal. Begitu juga ruas Bupul – Muting sampai Boven Digoel sepanjang 233 kilometer.

“Dari total jalan perbatasan dari Merauke – Jayapura sepanjang 1.098 kilometer, hingga akhir tahun 2018 sudah tersambung 919 kilometer,” kata Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, tantangan pembangunan jalan di Papua tidak mudah karena kondisi alam, cuaca, dan material konstruksi yang terbatas.

Tags : Presiden Jokowi ,