Soal Pemindahan Ibu Kota, Presiden Jokowi Akan Sampaikan Agustus?

| Selasa, 30/07/2019 18:45 WIB
Soal Pemindahan Ibu Kota, Presiden Jokowi Akan Sampaikan Agustus? Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Toba Samosir, Sumut (foto: setkabgoid)

TOBA SAMOSIR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui Ibukota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Pulau Kalimantan.

“Iya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan.  Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah,” kata Presiden Jokowi di Toba Samosir, Selasa 30 Juli 2019.

Menurut Presiden Jokowi, kajian pemindahan ibukota itu hingga saat ini belum rampung, belum tuntas, “Saya kira kalau sudah rampung, sudah tuntas, detailnya sudah dipaparkan, untuk kajian kebencanaan seperti apa, kajian mengenai air,” tambahnya.

Termasuk, lanjut Presiden Jokowi, seperti kajian mengenai keekonomian, kajian mengenai demografinya, masalah sosial politiknya, pertahanan keamanan, “Semuanya karena memang harus komplit,” katanya.

Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah pada intinya, tidak ingin tergesa-gesa dalam masalah pemindahan ibukota negara itu. Tetapi pemerintah ingin secapatnya diputuskan.

Tags : Presiden Jokowi , Ibu Kota Baru ,