Muspimnas Perempuan Bangsa, Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Partisipasi untuk Bangsa

| Senin, 05/08/2019 22:07 WIB
Muspimnas Perempuan Bangsa, Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Partisipasi untuk Bangsa Siti Masrifah (Ketua Umum Perempuan Bangsa). (Dok Perempuan Bangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - DPP Perempuan Bangsa menggelar Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) di Jakarta, Minggu, 4 Agustus 2019. Kegiatan ini mengangkat tema `Penguatan Kelembagaan dan Strategi Perempuan Bangsa untuk Pemenangan Pilkada dan Pemilu 2024`.

Ketua Umum Perempuan Bangsa Siti Masrifah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema ini terinspirasi dari pesta demokrasi yang baru saja selesai, yakni Pemilhan Umum serentak 2019. Kontestasi tersebut, menurutnya, menorehkan sejarah baru bagi karakter demokrasi Indonesia dengan beberapa indikator.

Pertama, peran partai politik sebagai sarana rekruitmen kepemimpinan telah memberikan kontribusi yang signifikan dengan menghantarkan figur kepemimpinan nasional Presiden dan wakil Presiden yang kita usung, Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin. Kedua, peran penyelenggara pemilu disemua tingkatan yang menghadapi tantangan dan pekerjaan berat untuk menjaga netralitas dan menghasilkan Pemilu yang berkualitas.

"Ketiga, tentunya ada peningkatan partisipasi politik perempuan di parlemen, mulai dari partisipasi pemilih perempuan yang terdapat sebanyak 92.992.422 itu lebih banyak 126 ribu dari pemilih laki-laki," ujarnya.

Baca Juga: DPP Perempuan Bangsa PKB Berbagi Cinta Bersama 1000 Anak Yatim

Tak hanya itu, kontestasi Pemilu 2019 juga memberikan efek yang bagus untuk peningkatan politisi perempuan di Parlemen. Perempuan yang karib disapa mbak Cipa itu secara khusus mengapresiasi Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang telah memberi ruang untuk perempuan khususnya kader Perempuan Bangsa untuk menjadi politisi.

"Kami mengapresiasi Ketua Umum DPP PKB Cak Imin yang memberikan ruang kepada politisi perempuan yang berhasil menghantarkan 58 kursi pada pemilu 2019 dan 12 kursi adalah kader perempuan bangsa," ucapnya.

Acara Muspimnas ini dihadiri oleh seluruh pimpinan wilayah Perempuan Bangsa se-Indonesia. Muspimnas Perempuan Bangsa dibuka langsung oleh Cak Imin. 

Tags : Perempuan Bangsa , Muspimnas , Partisipasi Perempuan

Berita Terkait