Menteri Eko Tertarik Model Konsep Knock Down Dosen ITB

| Kamis, 15/08/2019 19:18 WIB
Menteri Eko Tertarik Model Konsep Knock Down Dosen ITB Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo menerima audiensi dari Dosen Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Permana (foto: kemendesagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menerima audiensi dari Dosen Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Permana di  Kantor Kemendes PDTT Jakarta, Rabu 16 Agustus 2019.

Dalam kesempatan itu, Permana menawarkan konsep knock down (bongkar pasang) untuk rumah transmigrasi yang murah, praktis dan tahan gempa. Bahkan Menteri Eko mengaku tertarik dengan konsep rumah hasil riset arsitek ITB ini.

Menurutnya, selain dapat digunakan untuk rumah transmigrasi, konsep tersebut juga bisa digunakan untuk membangun rumah rawan gempa, rumah untuk tentara dan homestay di desa wisata.

“Idenya bagus ini. Bisa untuk rumah tahan bencana,” kata Menteri Eko Sandjojo.

Tak hanya itu, Eko juga tertarik dengan peluang bisnis yang dapat dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkait rumah berbahan dasar kayu ini. Menurutnya, BUMDes memiliki potensi besar untuk menjadi sentra produksi bahan baku rumah knock down.

“Saya sangat mendukung program ini. Semoga ini bisa berjalan segera, sehingga selain bisa membantu memberikan lapangan pekerjaan, juga membuka peluang bisnis bagi BUMDes di desa-desa. Juga bisa menyediakan rumah dengan cepat dan murah,” ujarnya.

Tags : Dana Desa , Mendes PDTT Eko Sandjojo , SDM ,

Berita Terkait