Presiden Jokowi: SDM Berkualitas Modal Penting Hadapi Era Ekonomi Digital

| Jum'at, 16/08/2019 21:16 WIB
Presiden Jokowi: SDM Berkualitas Modal Penting Hadapi Era Ekonomi Digital Presiden Jokowi dan BJ Habibie bertemu di Istana Merdeka Jakarta (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Keterangan Pemerintah Atas RUU tentang APBN 2020 beserta Nota Keuangan, di depan Sidang Paripurna DPR RI, di Senayan, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan modal penting memasuki era ekonomi berbasis digital.

“Kita bangun generasi bertalenta yang berkarakter dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi,” kata Presiden Jokowi dikutip dari twitter @kemnakerRI.

Untuk diketahui, tema kebijakan fiskal tahun 2020 adalat ‘APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia.’

Presiden Jokowi menjelaskan, pada tahun 2020, anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp 505,8 triliun, atau meningkat 29,6%, dibandingkan realisasi anggaran pendidikan di tahun 2015 yang sekitar Rp390,3 triliun.

“Kebijakan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia juga akan ditekankan pada perbaikan kualitas guru, mulai dari proses penyaringan, pendidikan keguruan, pengembangan pembelajaran, dan metode pengajaran yang tepat dengan memanfaatkan teknologi,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , APBN 2020 ,