Nduk Nik Dorong Bawaslu Perhatikan Capacity Building Srikandi Pemilu

| Sabtu, 31/08/2019 12:23 WIB
Nduk Nik Dorong Bawaslu Perhatikan Capacity Building Srikandi Pemilu Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh menjadi Keynote Speaker Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu se Indonesia (dok Nihayah Center)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Segala urusan di setiap pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tak lagi dimonopoli kaum lelaki. Pada era serbaemansipasi seperti sekarang, keberadaan perempuan tidak bisa diabaikan.

Perempuan tampil bukan hanya sebagai objek pendulang suara, melainkan bertransformasi penuh dengan terlibat dalam pengambilan keputusan berkaitan pemilu, tak terkecuali sebagai anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menyikapi peran tersebut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh meminta Bawaslu untuk memperhatikan capacity building Srikandi Pengawas Pemilu.

Hal ini disampaikan Nduk Nik (sapaan akrabnya) saat menjadi Keynote Speaker “Konsolidasi Nasional Perempuan Pengawas Pemilu se Indonesia” di RedTop Hotel & Convention Center, Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2019.

“Saya minta pimpinan Bawaslu agar memperhatikan capacity building Srikandi Pengawas Pemilu, terus mengupdate kemampuan diri agar lebih baik lagi sesuai peran dalam UU Pemilu No. 7 tahun 2017,” kata Nduk Nik.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai Srikandi Pengawas Pemilu bisa berperan ganda untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai abdi negara.

Terlepas dari peran ganda ini, Nduk Nik menyatakan kesadaran dan partisipasi perempuan dalam pemilu dapat mewakili suara perempuan yang menghasilkan kebijakan-kebijakan untuk kepentingan perempuan.

“Menjadi perempuan harus bisa melakukan politik yang feminim, yaitu politik yang bersih, melayani dan untuk kemaslahatan orang banyak,” tutur legislator asal Banyuwangi ini.

Di akhir sambutannya, peraih penghargaan Legislator Terbaik versi Panggung Indonesia 2018 ini mengucapkan selamat berkonsolidasi kepada para Srikandi Pengawas Pemilu. Dia berharap konsolidasi ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh peserta dan demokrasi Indonesia.

“Selamat berkonsolidasi semoga bermanfaat dan dengan luar biasa mengawal demokrasi,” tukas Nduk Nik.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Bawaslu , Srikandi Pemilu , PKB