Pemerintah Apresiasi Komitmen Arab Saudi Soal Santunan Korban Jatuhnya Crane di Masjidil Haram

| Senin, 02/09/2019 21:57 WIB
Pemerintah Apresiasi Komitmen Arab Saudi Soal Santunan Korban Jatuhnya Crane di Masjidil Haram Menag Lukman Hakim Saifuddin usai memberikan keterangannya di KPK (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi komitmen Kerajaan Arab Saudi terkait santunan kepada ahli waris dan korban jatuhnya crane di Masjidil Haram beberapa waktu silam.

"Ini bentuk pertanggungjawaban dan kepedulian yang amat patut diapresiasi,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Senin 2 September 2019.

Dikutip dari laman kemenaggoid, Kedutaan Besar RI di Riyadh memastikan bahwa pada akhir Agustus 2019, pihaknya telah menerima cek santunan bagi korban jatuhnya crane pada musim haji 1436H/2015M.

KBRI Riyadh dalam rilisnya menyebutkan bahwa cek santunan yang telah diterima senilai USD6,133 atau setara SAR23juta, atau senilai Rp85,1miliar.

"Kementerian Agama siap membantu Kementerian Luar Negeri untuk mempercepat finalisasi administratif terkait penyampaian dana santunan kepada para korban luka berat dan cacat permanen serta para ahli waris korban meninggal dunia," tegas Menag. 

Jatuhnya alat berat crane di Masjidil Haram  terjadi pada Jumat 11 September 2015. Tercatat lebih dari 100 orang wafat dan lebih 200 orang luka akibat peristiwa tersebut. Selain dari Indonesia, mereka berasal dari Pakistan, India, Bangladesh, Malaysia, Turki, Aljazair, Iran, Irak, Libia, Afghanistan dan Mesir.

Tags : Kemenag ,

Berita Terkait