Pertemuan Menaker G20 Hasilkan Deklarasi Hadapi Pekerjaan Masa Depan

| Rabu, 04/09/2019 16:19 WIB
Pertemuan Menaker G20 Hasilkan Deklarasi Hadapi Pekerjaan Masa Depan Pertemuan Menaker anggota G20 di Jepang (foto: kemnaker)
MATSUYAMA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri memberikan apresiasi terkait deklarasi “Membentuk Masa Depan Pekerjaan yang Berpusat pada Manusia/Shaping a Human-Centered Future of Work” yang dihasilkan Menteri-Menteri Ketenagakerjaan anggota G20 pada Forum G20 Labour and Employment Ministers` Meeting (LEMM). Semua negara anggota G20 beserta organisasi pekerja dan pengusaha diminta untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan kerja masa depan.

"Saya menyetujui dan mengapresiasi deklarasi ini. Saya berharap keputusan yang dihasilkan pada seluruh rangkaian pertemuan G20 bidang ketenagakerjaan dapat memberikan manfaat yang konkrit terhadap negara anggota G20 dan pertumbuhan ekonomi dunia yang inklusif melalui sektor ketenagakerjaan," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, Matsuyama, 3 September 2019.

Setiap negara anggota G20 tambah Hanif harus terus berupaya mendukung longer working lives, dimana akan banyak tenaga kerja di usia tua yang perlu diakomodir untuk bekerja agar mendapat hidup yang layak. Hal lain yang termuat dalam deklarasi yaitu perlunya terus mendorong kesetaraan gender di negara-negara anggota G20 untuk mencapai Brisbane Goal.

"Perlu kami tekankan kembali bahwa Pemerintah Indonesia sangat concern dan committ terhadap pencapaian agenda kerja layak untuk semua dan SDGs Goals No. 8. Indonesia juga mengajak dan mendorong kepada seluruh negara anggota untuk turut terus mengedepankan kerja layak," kata Hanif.

Semua negara anggota, lanjut Hanif, perlu untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam menghadapi jenis pekerjaan baru yang muncul seiring dengan proses transformasi digital.

“Deklarasi tersebut dapat menjadi rujukan bagi Indonesia untuk menyusun strategi dan kebijakan terkait kerja masa depan," kata Hanif.

Sebagai negara anggota G20, Menaker Hanif menekankan bahwa Indonesia akan berupaya menindaklanjuti rekomendasi yang relevan dalam deklarasi tersebut, "Hal ini mengingat semangat deklarasi sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mewujudkan kerja layak bagi semua," kata Hanif.
 
Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 , G20 ,

Berita Terkait