Daniel Johan: Pembagian TORA Jawab Aspirasi Rakyat Atas Hak Tanah

| Kamis, 05/09/2019 13:02 WIB
Daniel Johan: Pembagian TORA Jawab Aspirasi Rakyat Atas Hak Tanah Daniel Johan (Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Barat). (Ist)

PONTIANAK, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mengatakan bahwa pembagian SK Pelepasan Hutan untuk Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA) dan Hutan Adat oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pontianak akan menjawab aspirasi rakyat akan hak atas tanah. Menurutnya, persoalan hak tanah untuk rakyat menjadi salah satu keluhan yang diterimanya.

"Ini sungguh-sungguh menjawab aspirasi puluhan tahun rakyat Kalbar atas hak tanah. Selama 5 tahun saya keliling ke ratusan desa di Kalbar, persoalan hak tanah untuk rakyat menjadi salah satu keluhan utama yang saya terima," kata Daniel di Pontianak, Kamis, 5 September 2019.

Legislator asal Pontianak itu memandang, masalah hak atas tanah itu juga termasuk bagi masyarakat adat dan transmigran yang sudah menetap puluhan tahun. Namun hak kepemilikan tanahnya masih terkatung-katung.

"Dan di pemerintahan Jokowi ini alhamdulillah akhirnya tuntas," ujarnya.

Baca Juga: Melanggar UU, Komisi IV Desak PT Lonsum Kembalikan Hak Tanah Suku Anak Dalam

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan, program redistribusi tanah melalui penyerahan sertifikat tanah dan pelepasan kawasan hutan untuk adat merupakan langkah tepat dalam memberikan akses bagi masyarakat atas tanah mereka.

"Saya mewakili segenap rakyat Kalbar menyampaikan terima kasih yang dalam kepada Presiden Jokowi atas terobosannya dalam memberikan sertifikat tanah untuk 3.000 kepala keluarga baik masyarakat adat maupun transmigran," ucapnya.

Ia pun berharap warga penerima bisa memaksimalkan apa yang telah diberikan untuk kesejahteraan mereka. "dengan adanya pengakuan secara sah tersebut, rakyat akan merasa tenang dan aman tinggal dan menata hidup mereka," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan akan membagikan SK Pelepasan Hutan Untuk TORA dan Hutan Adat dan pembagian sertifikat untuk rakyat di Kalimantan Barat. 

Tags : Daniel Johan , TORA , Hak Tanah , Pontianak , Jokowi

Berita Terkait