Sebut Raden Fatah Yahudi, PMII Demak Kecam Pernyataan Ridwan Saidi

| Jum'at, 06/09/2019 07:42 WIB
Sebut Raden Fatah Yahudi, PMII Demak Kecam Pernyataan Ridwan Saidi (Foto tidak terkait dengan berita) Aksi damai PC PMII Demak (dok Twitter @Alwi0472)

DEMAK, RADARBANGSA.COM - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Demak dan segenap elemen masyarakat peduli budaya Demak mengecam pernyataan kontroversial Ridwan Saidi yang menyebut Raden Fatah adalah Yahudi.

Desakan tersebut dituangkan mereka dalam sebuah aksi demonstrasi di depan Masjid Agung Demak, Rabu 4 September 2019 sore. Dalam orasinya, koordinator lapangan Subro (20) meminta klarifikasi Ridwan Saidi yang dinilai menyimpang dari sejarah.

"Pernyataan Ridwan Saidi tentang Raden Fatah dan Sultan Trenggono sebagai orang Yahudi telah melukai masyarakat Demak. Untuk itu, kami minta klarifikasi dan permohonan maaf darinya," ungkap Subro.

Aksi yang diikuti juga oleh beberapa remaja bersarung yang menggelar spanduk di depan dada mengundang perhatian para peziarah yang memadati Masjid Agung Demak.

Sementara masyarakat yang hanya menonton aksi damai tersebut juga terlihat ikut mendukung pernyataan sikap para aktivis.

Fitria (38) yang menyaksikan jalannya aksi menyatakan bahwa peristiwa ini hendaknya menjadi tamparan bagi warga Demak agar "nguri-uri" sejarah dengan memperbanyak bacaan sejarah serta memperkaya literatur terkait kota wali. 

Sehingga ketika ada hal-hal semacam ini, segera ada bukti otentik untuk menangkalnya. "Jangan sampai sejarah panjang Demak yang berjaya di masa lampau, hilang karena tak ada jejak literasinya," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Saidi membuat heboh publik dengan pernyataan kontrovers melalui akun vide YouTube. Selain menyebut kerajaan Sriwijaya fiktif, Ridwan Saidi menuding bahwa Raden Fatah itu Yahudi sehingga tidak berhak mendapat gelar raden.

Pernyataan Ridwan Saidi itu menuai reaksi, baik dari masyarakat maupun sejarawan. Sejumlah sejarawan menyebut bahwa Sriwijaya itu adalah riil atau nyata dan Raden Fatah itu bukan Yahudi.

Tags : PMII , Demak , Raden Fatah , Ridwan Saidi

Berita Terkait