Nurul Ghufron, Capim KPK Termuda dengan Pengetahuan Hukum yang Luas

| Kamis, 12/09/2019 17:28 WIB
Nurul Ghufron, Capim KPK Termuda dengan Pengetahuan Hukum yang Luas Nurul Ghufron (Calon Pimpinan KPK). (Foto: NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah memulai proses uji coba kelayakan dan kepatutan Sepuluh Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di ruang rapat Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta. Salah satu capim KPK yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan itu adalah Nurul Ghufron.

Pria kelahiran Sumenep, 22 September 1974 tersebut merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej). Sebagai Akademisi, Ghufron juga aktif menulis artikel tentang hukum dan korupsi di surat kabar. Selain itu, dirinya juga sering diundang sebagai saksi ahli dalam persidangan korupsi.

Pengalaman sebagai akademisi dan saksi ahli hukum pidana mendorong dirinya untuk mengikuti seleksi capim KPK. Ghufron pun akhirnya lolos dan terpilih dalam 10 capim KPK. Dia salah satu calon pimpinan KPK yang berlatar akademisi dan pengalaman sebagai pengacara.

Dia mengungkapkan bahwa pengalaman dan pendidikan di bidang pemberantasan korupsi dapat menjadi bekal untuk memenuhi syarat sebagai kader bangsa. Sebagai dosen Fakultas Hukum Unej, Ghufron juga mengajar di banyak mata kuliah sepanjang 2019, diantaranya:

Hukum Acara Peradilan Militer, Legal Opinion dan Legal Memorandum, Perlindungan Saksi dan Korban, Advokatur, Teori Hukum, Hukum Pembuktian dan Eksekusi, Pengantar Ilmu Hukum, Hukum Acara Pidana, dan Pilihan Penyelesaian Sengketa.

Pendidikan:

- 1997, S1 Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej).

- 2004, S2 Universitas Airlangga (Unair).

- 2012, S3 Universitas Padjajaran (Unpad).

Karier:

Ketika belum menjadi dosen PNS, Nurul Ghufron pernah memiliki pengalaman sebagai pengacara. 

Nurul Ghufron kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej) sudah mengajar di sana sejak 2003. Selain mengajar, Ghufron juga aktif mengisi sejumlah seminar, di antaranya:

- Pemateri seminar kebangsaan dengan tema Revitalisasi Nilai Peradaban Manusia Demi Terwujudnya Pemilu Yang Aman dan Damai Serta NKRI Yang Sejahtera, di Gedung Soetardjo Kampus Universitas Jember 8 Januari 2019.

- Pembanding dalam bedah buku Fiqh Tata Negara karya K.H Afifudin Muhajir di Pondok Salafiyah Syafi’iyah Asembagus, Situbondo pada 12 Januari 2018.

- Tim Penguji disertasi yang berjudul “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Lahir di Luar Perkawinan” karya Muhammad Izudin pada 6 Juli 2019.

Organisasi:

- Jabatan di NU, Ketua Mahasiswa Ahli Thoriqoh Annahdyiyah (MATAN) Cabang Jember, Jawa Timur.

- Wakil Ketua Forum Alumni Pondok Pesantren Al Jauhar, Jember.

Tags : Nurul Ghufron , Capim KPK , Jember

Berita Terkait