Terpilih Aklamasi, Ketua LPBINU Pimpin Humanitarian Forum Indonesia

| Jum'at, 13/09/2019 18:10 WIB
Terpilih Aklamasi, Ketua LPBINU Pimpin Humanitarian Forum Indonesia Workshop Pembelajaran dan Rapat Umum ke-V Humanitarian Forum Indonesia. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) M Ali Yusuf terpilih menjadi ketua Humanitarian Forum Indonesia (HFI) periode 2019-2020 secara aklamasi pada rapat umum 2019 yang digelar di gedung Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta, Kamis, 12 september 2019.

Dalam sambutannya, Ali menyampaikan bahwa Humanitarian Forum Indonesia (HFI) adalah sebuah forum Lembaga-lembaga kemanusiaan berbasis interfaith, dan sejak awal berdirinya juga telah bergerak untuk membangun dialog dan mendorong kerjasama lintas iman dalam pelayanan kemanusiaan.

“Semua agama tentu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, karenanya agama tidak boleh menjadi pemicu munculnya persoalan-persoalan kemanusiaan. Akan tetapi justru agama harus tampil sebagai penyelesai setiap persoalan kemanusiaan harus mampu dijawab dengan baik oleh agama,” papar Ali.

Sementara itu menurutnya, persoalan kemanusiaan saat ini semakin kompleks sehingga dibutuhkan penanganan yang efektif dan komprehensif. “Dan ini tidak mungkin dilakukan hanya oleh satu pihak atau satu kelompok saja. Di sinilah letak penting kerjasama Lembaga-lembaga berbasis interfaith dalam melakukan aksi kemanusiaan,” ungkapnya.

Pria kelahiran Bojonegoro itu mengatakan bahwa terselenggaranya Rapat Umum Anggota HFI 2019 ini, selain untuk memperbarui struktur kepengurusannya, juga kedepannya diharapkan dapat lebih berperan dan memperbesar kontribusinya bagi upaya peningkatan kolaborasi lintas iman dalam merespon setiap persoalan kemanusiaan.

“Oleh karena itu, komitmen dan dukungan dari seluruh anggota harus lebih ditingkatkan lagi untuk mewujudkan harapan tersebut,” ujarnya.

Adapun anggota HFI terdirir dari, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), Dompet Dhuafa, Wahana Visi Indonesia (WVI), Yakkum Emergency Unit (YEU), KARINA (Caritas Indonesia), Perkumpulan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat (PPKM), PKPU, Church World Services (CWS) Indonesia, Habitat for Humanity Indonesia (HfHI), Unit Pengurangan Risiko Bencana Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PRB-PGI), Rebana Indonesia, Rumah Zakat (RZ), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) dan YKMI ADRA.

Tags : LPBINU , Human Forum Indonesia , Aklamasi

Berita Terkait