Presiden Jokowi: Keberadaan Dewan Pengawas KPK Diperlukan

| Jum'at, 13/09/2019 21:59 WIB
Presiden Jokowi: Keberadaan Dewan Pengawas KPK Diperlukan Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi Pabrik Mobil Esemka di Boyolali (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, keberadaan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat perlu agar saling mengawasi.

“Keberadaan Dewan Pengawas ini memang perlu karena semua lembaga negara seperti Presiden, MA, DPR bekerja dalam prinsip checks and balances, saling mengawasi," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 13 September 2019.

Menurut Presiden, Dewan Pengawas KPK dibutuhkan untuk meminimalisi potensi penyalahgunaan wewenang, "Adanya Dewan Pengawas adalah sesuatu yang juga wajar dalam proses tata kelola yang baik," tambahnya dikutip dari laman setkabgoid.

Sementara untuk anggota Dewan Pengawas, Presiden Jokowi menjelaskan, akan diambil dari tokoh masyarakat, akademisi, ataupun pegiat antikorupsi, bukan dari politisi, bukan dari birokrat, maupun dari aparat penegak hukum aktif.

"Dan pengangkatan anggota Dewan Pengawas ini dilakukan oleh Presiden dan dijaring melalui panitia seleksi,” jelasnya.

Tags : Dewan Pengawas KPK , Presiden Jokowi ,

Berita Terkait