FPKB: Target Indonesia jadi Lumbung Pangan 2025 Harus Tercapai

| Rabu, 18/09/2019 16:23 WIB
FPKB: Target Indonesia jadi Lumbung Pangan 2025 Harus Tercapai Pimpinan Fraksi PKB Cucun Ahmad Samsurijal resmi membuka forum diskusi di ruang rapat FPKB DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). (Dok FPKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pimpinan Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Samsurijal resmi membuka Forum Diskusi Group bertajuk `Mengawal Kebijakan Pembangunan Pertanian Jokowi-Ma’ruf`, diruang rapat Fraksi PKB, Gedung Nusantara 1 DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 September 2019. Untuk itu, PKB bakal mendorong kemajuan dunia pertanian baik secara regulasi ataupun anggaran.

“Fraksi PKB jelas berpihak pada rakyat, apalagi untuk persoalan pertanian. Target Indonesia menjadi lumbung pangan 2025 harus tercapai,” katanya saat sambutan, Rabu, 18 September 2019.

Di periode kedua Jokowi, sektor pertanian menurut Politisi asal Kabupaten Bandung itu sudah harus menjadi prioritas. ”Infrastruktur yang sudah terbangun di periode awal tentu mendukung fokus pembangunan pertanian,” ujarnya.

Baca Juga: Tolak RUU Permusikan, FPKB: Hanya Untungkan Industri Besar

Dilemanya pembangunan pertanian saat ini, menurut Kang Cucun, selain persoalan regenerasi petani adalah subsidi anggaran pemerintah di sektor pertanian yang belum seimbang.

“Ini perlu kita dorong melalui kebijakan, kami Fraksi PKB akan mengawal itu,” tuturnya.

Sementara itu, Ibnu Multazam Kapoksi Komisi IV yang hadir sebagai narasumber menyebut pentingnya peningkatan sinergi antar stakeholder di sektor pertanian. “Agar tidak ada egosektoral dan mencapai target yang maksimal,” ucapnya.

Belum lagi soal perlindungan petani, lanjutnya, sehingga banyak terjadi kasus yang merugikan petani. “Itulah kenapa Proteksi itu penting, agar tidak ada kriminalisasi terhadap petani kita ,” tandasnya.

Ketua Umum Gerbang Tani Idham Arsyad menyorot potensi Indonesia yang luar biasa antara area lahan dan komiditas pertanian yang dapat tumbuh di Indonesia.

“Persfektif ekonomi ini luar biasa di Indonesia, potensi pertanian untuk maju sangat terbuka, tinggal bagaimana negara mendorong basis pertanian maju kedepannya”, tandasnya.

Tags : Fraksi PKB , Pertanian , Lumbung Pangan , Indonesia

Berita Terkait