Hanif Dhakiri: Ekonomi Sekarang Andalkan Pengetahuan dan Inovasi

| Rabu, 18/09/2019 21:15 WIB
Hanif Dhakiri: Ekonomi Sekarang Andalkan Pengetahuan dan Inovasi Menteri Hanif Dhakiri (foto: kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengungkapkan, saat ini dunia tengah menghadapi perubahan yang cepat dan masif karena perkembangan teknologi informasi.

“Ekonomi sekarang lebih mengandalkan knowledge dan inovasi. Hal ini dikenal dengan knowledge based economy,” kata Menteri Hanif Dhakiri di Jakarta, Selasa 17 September 2019.

Menurut Hanif Dhakiri, dengan kemajuan teknologi ini semua pihak dituntut agar menyiapkan pengetahuan dan inovasi dengan cara meningkatkan skill atau keterampilan yang mampu adaptasi dengan zaman.

“Hingga saat ini, tantangan yang dihadapi  Indonesia adalah masih sulit menemukan pekerja yang memiliki skill berkualitas dengan jumlah banyak dan tersebar secara merata,” kata Hanif.

“Maka dari itu saya ingin menegaskan perlunya mentransformasikan ekosistem yang kaku tadi menjadi lebih fleksibel atau flexibility labour market,” ungkap Hanif.

Ke depan, lanjutnya, para pekerja harus bisa merasakan suatu “Live long learning,” yakni suatu kondisi dimana seseorang bisa belajar terus menerus, meningkatkan skill-nya terus menerus, beradaptasi skill-nya terus menerus, dan bisa bekerja secara terus menerus dengan dinaungi perlindungan sosial

 

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,