Legenda Bulutangkis Indonesia Ingin Ganda Campuran Raih Emas di Asian Games

| Selasa, 13/03/2018 22:50 WIB
Legenda Bulutangkis Indonesia Ingin Ganda Campuran Raih Emas di Asian Games Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Atlet Ganda Campuran Bulutangkis Indonesia).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Cabang Bulutangkis Indonesia menjadi andalan untuk meraup emas disetiap event bergengsi seperti Asian Games, Olimpiade maupun Sea Games. Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, legenda Bulutangkis Indonesia Christian Hadinata berharap agar Bulutangis kembali meraup emas, khususnya cabang ganda campuran yang telah puasa medali selama tempo 36 Tahun.

Dia berharap besar agar pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bisa menebusnya pada event mendatang. Apalagi dihadapan pendukung sendiri, sehingga menjadi tambahan motivasi bagi pasangan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Indonesia tak lagi mendapatkan medali emas Asian Games dari sektor ganda campuran sejak 1982. Terakhir dapat emas adalah Christian meraihnya bersama-sama Ivana Lie.

"Sudah 36 tahun dan menjadi tuan rumah, mestinya menjadi motivasi ekstra buat Owi dan Butet untuk meraih medali emas. Sudah berapa puluh tahun tidak dapat emas dan sudah berapa puluh tahun lagi baru menjadi tuan rumah kembali," kata Christian seperti dikutip detik.com, Selasa, 13 Maret 2018.

"Emas Asian Games menjadi satu-satunya medali emas yang belum didapatkan Owi dan Butet, bukan? Biar lengkaplah koleksi medali emas mereka dari turnamen bergengsi," dia menambahkan.

Selain mengkhususkan harapan untuk Tontowi dan Liliyana, Christian sekaligus meminta agar PBSI mampu memanfaatkan semaksimal mungkin status tuan rumah pada Asian Games nanti. Dia menyimpan angan-angan agar Indonesia menjadi juara umum bulutangkis di Asian Games.

"Istora sudah baru, saya berharap agar ada lompatan prestasi baru di Asian Games: bulutangkis Indonesia juara umum!" Christian menegaskan.

Setelah Indonesia terakhir merebut Emas tahun 1982, secara beruntun Emas Asian Games cabang Bulutangkis diraih oleh Korea Selatan dengan mengoleksi enam medali emas, beruntun sejak 1986 sampai 2002 dan 2010. Kemudian, dua Asian Games tahun 2006 dan 2014, emas menjadi milik China: Zheng Bo/Gao Ling dan Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Tags : Asian Games 2018 , Christian Hadinata , Medali Emas , Ganda Campuran