Dibuat Meriah, Pembukaan Asian Games Gabungkan Kebudayaan dan Teknologi

| Rabu, 16/05/2018 17:44 WIB
Dibuat Meriah, Pembukaan Asian Games Gabungkan Kebudayaan dan Teknologi Logo ASIAN GAMES 2018 JAKARTA-PALEMBANG.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panitia upacara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus mendatang menjanjikan penampilan yang megah. Sajian tersebut nantinya menonjolkan kebudayaan Indonesia yang akan diberi sentuhan teknologi.

Sebagaimana diketahui, pembukaan Asian Games 2018 sudah ditetapkan akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyukseskan seremoni pesta olahraga se-Asia tersebut.

Panitia Penyelenggara Asian Games tak ingin tampil biasa-biasa saja, persiapan pun sudah mulai dilakukan pada Selasa, 15 Mei 2018 malam Wib. SUGBK akan dipersolek dengan lebih dulu memindahkan rumput, kemudian persiapan panggung serta pengisi acara.

Deputi II Departemen Seremoni Herty Purba mengatakan, tema yang diambil pada upacara pembukaan nanti adalah Energy of Asia. Sedangkan konsep yang dipilih lebih menonjolkan sisi kebudayaan dari tuan rumah.

"Rata-rata di olimpiade itu konsep cultural, tapi bagaimana kebudayaan ini dikemas dengan teknologi yang wah. Artinya, konsep dasarnya sama, cuma isiannya itu karena kita (Indonesia) kaya banget dengan ragam budaya, ya ibaratnya ada cerita sendiri lah itu nanti. Cuma nanti biar Wishnutama (Creative Director) yang cerita," kata Herty seperti dikutip dari laman detik.com, Selasa, 15 Mei 2018.

"Juli itu semua sudah latihan gabungan, semua penarinya. Ada ribuan penari yang gabung dengan koreografernya Deni Malik dan Eko Suprianto," imbuhnya.

Soal teknologi, panpel sempat menampilkan aksi `Drone Light Show` pada acara hitung mundur Asian Games. Kala itu, sebanyak 300 drone diterbangkan di atas Monas dan menampilkan berbagai formasi.

"Untuk penggunaan drone di area SUGBK sepertinya nggak cocok. (Drone) harus di area yang (pandangan) luas jadi tidak dipakai. Di stadion kan tertutup jadi tidak mungkin. Walau begitu pasti ada sesuatu yang bikin ternganga deh," ujarnya.

Tags : Asian Games 2018 , Kebudayaan , Teknologi

Berita Terkait