Tim Thomas Indonesia Tundukkan Tuan Rumah Thailand

| Selasa, 22/05/2018 23:48 WIB
Tim Thomas Indonesia Tundukkan Tuan Rumah Thailand Anthony Sinisuka Ginting mengawali kemenangan Indonesia saat menundukkan tuan rumah Thailand, Selasa (22/5). (Foto: badmintonindonesia)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia memastikan kemenangan atas Thailand dalam babak penyisihan Grup B Piala Thomas 2018 lewat keunggulan 3-1 di Impact Arena, Bangkok, Selasa, 22 Mei 2018.

Menghadapi Thailand, tim Thomas Indonesia melakukan sedikit perubahan formasi. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang diistirahatkan pada pertandingan pertama lawan Kanada dimainkan saat melawan Thailand, menggantikan ganda putra senior Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan.

Anthony Sinisuka Ginting yang kembali dimmainkan di nomor tunggal pertama bisa menang dua gim langsung atas Khosit Phetpradab 21-8, 21-14 dalam waktu 36 menit.

"Set pertama kalah angin tapi justru tidak ada pukulan yang terlalu hati-hati dan bikin ragu. Saya pukul bola agak kencang sedikit pun tidak keluar. Kelihatan saya banyak main lob, angkat bola karena memang kalah angin," ujar Anthony Ginting usai pertandingan.

Di pertandingan kedua, pasangan ganda putra Kevin/Marcus tidak tampil seperti biasa dan harus mengakui kemenangan pasangan Thailand, Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet 16-21, 21-13, 12-21 dalam 48 menit.

Ihsan Maulana Mustofa yang menjadi harapan Indonesia untuk berbalik unggul melawan Kantaphon Wangcharoen. Kemenangan dramatis pun diraih Ihsan di gim penentuan dengan mengalahkan Wangcharoen 24-22 dalam 81 menit.

Kemenangan Ihsan itu kembali membawa Indonesia unggul atas Thailand dengan skor 2-1.

"Set pertama saya terlalu banyak menyerang, banyak melakukan smes sehingga malah menguras tenaga. Baru di set kedua saya mencoba main dengan permainan saya sendiri bermain bola-bola placing dan net. Saya mencoba sabar, asal bola turun (tidak ke luar lapangan), soalnya kalau saya smes ada angin sehingga smes saya enggak pas terus. Pas di atas bolanya goyang," ujar Ihsan.

Kemenangan Indonesia akhirnya ditentukan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mengalahkan Tinn Isriyanet/Dechapol Puavaranukroh 21-10, 21-18 di pertandingan keempat. Fajar/Rian akhirnya menutup laga dengan kemenangan 21-18 dalam waktu 32 menit.

Keunggulan 3-1 atas Thailand cukup bagi Indonesia memenangi pertandingan kedua di Grup B sekaligus memastikan satu tempat di perempat final. Satu pertandingan tersisa adalah tunggal putra Firman Abdul Kholik lawan Pannawit Thongnuam.

Tags : Piala Thomas dan uber 2018 , Indonesia , Thailand

Berita Terkait