Bungkam Malaysia, Tim Thomas Indonesia Lolos ke Semifinal

| Jum'at, 25/05/2018 03:38 WIB
Bungkam Malaysia, Tim Thomas Indonesia Lolos ke Semifinal Ganda putra Indonesia Fajar/Rian menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia setelah menundukkan pasangan Malaysia lewat drama rubber game. (Foto: badmintonindonesia)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tim Thomas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Thomas 2018. Turun pada partai keempat, Muhammad Rian Ardianto/Fajar Alfian sukses menjadi penentu kemenangan Indonesia usai mengalahkan Malaysia, 3-1. Rian/Fajar mengalahkan Aaron Cha/Teo Ee Yi dengan skor 21-18, 10-21 dan 21-9.

Unggul di game pertama, Rian/Fajar tak bisa langsung mengantongi kemenangan straight game. Mereka harus kehilangan game kedua dengan skor yang cukup jauh, 10-21.

“Yang pasti kami senang bisa membawa Indonesia ke semifinal. Tadi setelah unggul 2-1, kami fokus bagaimana caranya agar tidak perlu sampai partai kelima. Kami fokus ke permainan. Pokoknya harus siap capek,” kata Fajar.

Sebelumnya, pada partai pembuka, Indonesia harus kehilangan angka setelah Anthony Sinisuka Ginting gagal menundukkan andalan Malaysia, Lee Chong Wei: 19-21, 16-21.

Pada partai kedua, pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon langsung menebusnya. Kevin/Marcus merebut poin pertama untuk Indonesia dengan mengalahkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong, 21-19, 20-22 dan 21-13.

“Lawan hari ini juga nggak gampang, jadi memang ramai dari game pertama, kedua dan ketiga. Di game ketiga main kami lebih enak dan feelingnya lebih dapet. Hari ini jauh lebih enak dari kemarin. Hari cukup bisa mengerti cara mainnya, servisnya juga sudah enak,” ujar Marcus.

Sementara, Jonatan Christie akhirnya sukses membalikkan keadaan dengan membawa Indonesia menang 2-1 Indonesia atas Malaysia. Ia mengalahkan Lee Zii Jia dengan skor 21-15, 11-21 dan 13-21 dalam 48 menit.

“Hari ini jauh lebih baik dari kemarin, kondisi juga jauh lebih enak lagi. Tadi pagi kami ada latihan juga sedikit, jadi bisa lebih memaksimalkan lagi kondisi fisik. Tadi di game pertama saya bisa main enjoy, sementara dia agak tegang,” jelas Jonatan usai bertanding di Impact Arena Bangkok.

Di babak semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan Tiongkok. Pertandingan akan berlangsung hari ini, Jumat, 25 Mei 2018 di Impact Arena Bangkok, mulai pukul 18.00 waktu setempat. Sedangkan partai semifinal lainnya akan mempertemukan juara bertahan, Denmark dengan Jepang. 

 

Tags : Piala Thomas dan Uber 2018 , Indonesia , Malaysia