Api Obor Asian Games Tiba di Yogyakarta, ini Rute Kirabnya!

| Selasa, 17/07/2018 15:35 WIB
Api Obor Asian Games Tiba di Yogyakarta, ini Rute Kirabnya! Mantan atlet Bulutangkis Indonesia Susy Susanti membawa api obor turun dari pesawat saat tiba di Yogyakarta, Selasa (17/7). (Foto: solotrustcom)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Api Obor Asian Games 2018 telah tiba di Yogyakarta sebagai kota pertama di Indonesia untuk kirab obor Asian Games 2018. Api tersebut diterbangkan dari New Delhi ke Lanud TNI AU Adisutjipto Yogyakarta.

Dilansir dari detik.com, Selasa, 17 Juli 2018, pesawat Boeing 737 milik TNI AU yang membawa api Asian Games mendarat di Base Ops Lanud Adisutjipto, Selasa (17/7) sekitar pukul 08.00. Pesawat dikawal lima pesawat tempur TNI AU T50i.

Mantan atlet bulutangkis Indonesia, Susy Susanti, mendapat kehormatan menjadi torch ambassador yang membawa api dari India tersebut sampai Yogyakarta. Setelah turun dari pesawat, Susy menyerahkan api Asian Games kepada Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya, api dikirab dari Base Ops langsung menuju Museum Dirgantara TNI AU yang berjarak sekitar 1,7 kilometer. Adapun Api Asian Games 2018 akan berada di Yogyakarta selama tiga hari hingga Kamis mendatang.

Pada Rabu (18/7) malam, api akan diinapkan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Selanjutnya pada Kamis (19/7), api Asian Games akan dikirab berkeliling Kota Yogya sebelum dibawa menuju Kota Solo.

Rute kirab di Yogya dimulai dari Pagelaran Keraton-Titik Nol Kilometer ke arah barat-PKU Muhammadiyah ke utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang ke timur ke Teteg Malioboro. Dari Teteg kemudian masuk ke Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan ke selatan-Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingit-Tugu.

Di Tugu Yogyakarta, api akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta dan diserahkan ke INASGOC untuk dibawa ke Solo.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyatakan TNI AU siap mendukung rangkaian torch relay api Asian Games 2018.

"Rangkaian kegiatan di Prambanan, kemudian ke Solo, Malang, Denpasar, Lombok, Sorong, di Sorong kami siapkan pesawat kecil untuk dibawa ke Raja Ampat, kembali lagi ke Sorong, Makassar, Banjarmasin, Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, dan berakhir di Jakarta pada 15 Agustus 2018," ujarnya.

"Semua sudah kami persiapkan baik dukungan personel, pesawat, dan kru pengawal serta pengamanan. Tadi kedatangan pesawat Boeing 737 yang membawa api obor Asian Games dari India, dijemput dan dikawal pesawat tempur TNI AU," jelasnya.

Tags : Asian Games 2018 , Api Obor , Yogyakarta

Berita Terkait