Kemenpora Gelar Festival Film Pendek Jelang Asian Games

| Selasa, 14/08/2018 18:25 WIB
Kemenpora Gelar Festival Film Pendek Jelang Asian Games Pemenang Festival Film Pendek Asian Games 2018 Kemenpora RI dan Dewan juri foto bersama usai penyerahan piagam dan trofi juara, Senin (13/8). (Dok Kemenpora)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Beberapa hari pembukaan Asian Games 2018 akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 18 Agustus 2018. Namun, beragam event dan kegiatan jelang dimulainya event terakbar se-Asia itu terus bergulir, salah satunya festival film pendek yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan olahraga. 

Kemenpora menggelar festival ini untuk melibatkan para sineas muda berkontribusi dalam gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018. Tema yang diangkat dalam festival ini adalah mendongkrak semangat atlet Indonesia.

Lomba film pendek ini telah digelar beberapa hari lalu. Dari ratusan peserta yang mengikuti festival ini, terpilih 10 film pendek yang masuk nominasi.

Adapun panitia dan juri festival ini berasal dari Kemenpora, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) dan aktor senior Slamet Rahardjo. "Festival Film Pendek kali ini akan menjadi sebuah momentum emas bagi para sineas muda, untuk mengadu kreativitas yang beriringan dengan perhelatan akbar multi event empat tahunan tingkat Asia di Jakarta-Palembang," kata Asisten Deputi I Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora, Junaedi, di teater Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Agustus 2018.

Junaedi mengapresiasi banyaknya peserta yang mengikuti festival ini. Karena, lanjutnya, akan menjadi sebuah kenangan penting dan belum tentu diadakan lagi dalam kurun waktu 30 tahun ke depan.

"Mereka bisa berpartisipasi membuat film pendek dalam event Asian Games yang belum tentua mereka buat dalam kurun 30 tahun ke depan. Jadi eventnya seperti itu. Walaupun belum dapat juara dan hanya masuk nominasi, ituakan menjadi sebuah ingatan penting," jelasnya.

Sementara, Slamet Rahardjo mengajak para sineas muda agar tidak takut menampilkan karyanya, khususnya membuat film. "Berkompetisi itu bagus. Pesan saya buat para sineas muda, jangan pernah takt membuat film," ucapnya.

Diketahui, juara pertama festival film pendek ini direbut oleh peserta asal Bandung dengan judul film Adharma, Juara kedua diraih film produksi mahasiswa Universitas Pakuan Bogor dengan judul Mengucap Syukur dan Juara ketiga diraih film produksi Aksara Buana dari Kepualauan Riau.

Tags : Asian Games 2018 , Festival Film Pendek , Kemenpora RI

Berita Terkait