Olimpiade 2020 Momentum Indonesia Promosi untuk Tuan Rumah Olimpiade 2032

| Rabu, 05/09/2018 19:28 WIB
Olimpiade 2020 Momentum Indonesia Promosi untuk Tuan Rumah Olimpiade 2032 Imam Nahrawi (Menpora RI). (foto: kemenporagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia sukses menggelar event Asian Games 2018. Kesuksesan sebagai tuan rumah juga diapresiasi oleh negara-negara peserta yang puas dengan fasilitas dan pelayanan selama berlangsungnya kejuaraan tersebut.

Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 tersebut menjadi modal utama Indonesia untuk mempersiapkan diri menjadi menggelar event yang lebih besar, yakni Olimpiade. Pemerintah sendiri telah mengumumkan niatnya untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, tahapan demi tahapan akan dilaui pemerintah untuk meyakinkan dunia bahwa Indonesia layak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Momentum tersebut diawali pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

"Saya kira untuk 2032, kami akan bentuk tim nantinya untuk melakukan lobi-lobi kepada negara IOC, kemudian pada Olimpiade 2020 nanti menjadi momentum awal untuk memberitahu kepada masyarakat dunia, bahwa Indonesia pernah jadi tuan rumah Asian Games yang sukses," kata Menpora seperti dikutip dari detik.com, Rabu, 5 September 2018.

Imam mengungkapkan, kesuksesan Indonesia menyelenggarakan pesta olahraga terakbar se-Asia tersebut bisa meyakinkan negara-negara peserta bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. "Secara kuantitas, jumlah kepesertaan atlet di Asian Games tidak sebanyak Olimpiade, artinya Indonesia Insya Allah mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," tegasnya.

Namun begitu, Indonesia juga harus bersaing untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. Soalnya, beberapa negara juga turut mengajukan diri menjadi tuan rumah, salah satunya adalah India.

"Wajar karena pasti negara lain akan menjadi pesaing, tidak masalah. Kami akan sama-sama berjuang meyakinkan itu. Toh, dari beberapa cabor kami sudah mendapatkan informasi bahwa kejuaraan dunia akan dilakukan di benue-venue pasca Asian Games. Itu bagian tindak lanjut peta jalan yang harus dilaksanakan pasca Asian Games," pungkas Imam.

Tags : Menpora RI , Asian Games 2018 , Olimpiade 2032 , Indonesia

Berita Terkait