Tinjau Venue PON 2020 Papua, Menpora Puas dan Optimis

| Rabu, 24/07/2019 20:10 WIB
Tinjau Venue PON 2020 Papua, Menpora Puas dan Optimis Menpora Imam Nahrawi meninjau venue PON 2020 di Kota Timika, Papua, Selasa (23/7). (Dok Kemenpora RI)

TIMIKA, RADARBANGSA.COM - Kota Timika, Papua akan menyelenggarakan sembilan cabang olahraga saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2020 mendatang. Menpora Imam Nahrawi yang mengunjungi langsung beberapa venue di Timika merasa puas dan optimis.

Menurutnya bukan semata infrastruktur venue yang harus disiapkan melainkan juga SDM, dan juga koordinasi pusat, daerah, kabupaten hingga sponsor dan industri.

"Saya melihat di Mimika ini yakin dan optimis PON 2020 dapat dilaksanakan sesuai jadwal PB PON, pemprov hingga pemkab di Papua terlebih beberapa venue seperti atletik dan basket sudah sangat siap," kata Imam seperti dilansir dari laman resmi kemenpora RI, Rabu, 24 Juli 2019.

Menurutnya, hal yang tak kalah penting diperhatikan adalah perawatan venue pasca pelaksanaan PON. Ia menghimbau pemprov terkait dapat memberikan perhatian lebih untuk perawatan venue pasca PON.

"Pemprov, pemkab juga harus mempersiapkan bagaimana merawat venue-venue pasca PON dengan baik dengan menyiapkan pihak-pihak ketiga dengan Badan Layanan Umum (BLU) daerah agar follow up nya lebih fleksible agar bisa dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat," ujar Imam.

Baca Juga: Menpora: PON 2020 Papua Ajang Promosi Indonesia Menyongsong Olimpiade 2032

Diinformasikan, kota Timika akan menggelar sembilan cabor yang bakal dipertandingkan yaitu atletik, futsal, basket, golf, biliar, judo, tenis meja, sepakbola putra dan panjat tebing. Menpora juga memberikan perhatiannya kepada beberapa kabupaten lain yang menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX Papua setidaknya hingga bulan Juni 2020.

"Kami juga memberikan perhatian di kabupaten lain dengan mensupport dan mendukung agar ada percepatan karena pembangunan infrastruktur juga menggunakan dana APBD maka harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik selebihnya APBN dari Kementerian PUPR," pungkasnya.

Turut mendampingi Menpora dalam kunjungan kerjanya di Timika, Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti, Asdep Peningkatan Kreatifitas Pemuda Djunaedi, Staf Khusus Olahraga Tommy Kurniawan, Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang dan Ketua Konida Cessar Alvianto Tunya.

Tags : Menpora RI , PON 2020 , Papua , Timika