2019, Pemerintah Siap Gelontorkan Dana Desa Lebih Besar

| Kamis, 31/05/2018 21:58 WIB
2019, Pemerintah Siap Gelontorkan Dana Desa Lebih Besar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (photo: kemendesa.go.id)

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, dana desa pada tahun anggaran 2019 mendatang akan ditingkatkan menjadi Rp70-80 triliun.

"Tahun depan insyaallah dana desa akan naik mulai dari Rp73-80 Triliun. Tapi syaratnya dana desanya harus terserap semua," jelas Mendes Eko Putro Sandjojo di Cirebon, Kamis 31 Mei 2018.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan bahwa mulai tahun 2018 dalam pelaksanaan program dana desa diwajibkan swakelola dengan cara padat karya tunai.

"Mulai tahun ini semua dana desa wajib dilakukan swakelola, tidak boleh lagi menggunakan kontraktor berapapun besarnya," jelasnya.

Eko menyarankan setiap desa memiliki proyektor untuk digunakan pelatihan. Selain itu bisa digunakan juga untuk menonton sepakbola sehingga nanti ibu-ibu bisa berjualan di sana.

"Ibu-ibu bisa jualan makanan dan souvenir sehingga triliunan rupiah bisa beredar di desa dan menambah pemasukan masyarakat desa," sarannya.

 

Tags : Dana Desa ,

Berita Terkait