Lomba Cerpen Santri 2018

Bukan Seorang Kiai

| Selasa, 13/11/2018 19:47 WIB
Bukan Seorang Kiai Dok Radarbangsa

Oleh: MA Al-Asari

 Arti kehidupan memang panjang,

namun tak sepanjang jalan menuju kekal,

tersimak luka dalam benak

terselip duka dalam tawa

terpampang kebahagiaan tak terarah

suatu pengabdian bukan sebatas isyarat

perjuangan perang pelawan musuh

yang tak lain adalah ego dan ketidakberdayaan

bukan menang jika tak terbidik panah

bukan kalah jika tak berkuasa

sejatinya hidup juang meraih impian.

 

RADARBANGSA.COM - Hening bersemayam dalam fikiran Hisyam, sosok anak muda yang masih polos, lugu dan tak banyak bicara, kebiasannya yang menyendiri dan suka mengalah. Meskipun baru semiggu ia berada di Pesantren Bani Sholeh Jombang, namun hampir seluruh asrama mengenal sosoknya. Sosok pendiam namun ramah. Bagaikan Gong, takkan bunyi bila tak ditabuh. Namun senyum ramahnya itulah yang membuat semakin akrab.

kam jangan diam terus bahkam bisa cerita keluarga kam yang jauh, di mana itu... (sambil memejamkan mata dan menunjuk salah satu tempat)

“Di Amuntai pang, kalsel. Disana itu amun mau kemana-mana uyuh, ke kota jhamenghabiskan 4 jam. kalau kam pang udah nyaman di kota.”

“ya am itu maksudku te (tak henti menggaruk kepala) ya sudah ayo ke Masjid. Sudah waktunya sholat, jangan sampai nanti nama kita diumumkan oleh pengurus dan kena sanksi”

Perjalanan mereka ke masjid tak menghilangkan keheningan yang masih lenggang bersemayam dalam diri Hisyam. Selesai berjamaah para santri membaca dzikir dan Sholawat, dilanjutkan dengan pengajian yang dipimpin oleh Gus Nizar, salah satu menantu Romoyai Alwi. Tak banyak dari mereka yang meninggalkan Masjid setelah kegiatan rutin itu selesai. Ada yang i’tikaf, membaca Al-Quran, membaca munjiyat. Begitu pula dengan Hisyam dan Ro’uf keduanya sibuk berdoa. dan betapa terkejutnya Ro’uf ketika bola matanya menatap sebuah cincin yang melingkar di salah satu jari Hisyam. Seketika tangan Hisyam ditarik dan cincin itu ditutup dengan genggaman tangannya.

Baca selengkapnya di sini

Tags : Hari Santri 2018 , Lomba Cerpen , PKB ,

Berita Terkait