Lomba Cerpen Santri 2018

Jama Muannas Salim

| Rabu, 14/11/2018 16:24 WIB
Jama Muannas Salim Dok Radarbangsa

Oleh: Safiq Afandi

RADARBANGSA.COM - “Jama’ muannas salim adalah isim yang menunjukkan ma’na banyak dengan  tambahan alif dan ta ketika rofa’ dan tambahan ya dan nun ketika nashab dan jer. Apa ada yang belum paham atau ada yang ingin bertanya? Tanya ustadz Muslim kepada para muridnya.

“saya tadz” Mubarok mengacungkan tangannya.

 “ya, silakan” ustadz Muslim mengizinkan.

“tadz menurut saya pengertian jama’ muannas salim adalah tiga orang santriwati yang sholehah yang tak terkena arus zaman karena jama’ (lebih dari tiga), muannas(santriwati), dan salim(selamat dari perubahan/sholehah)” ucap Mubarok tanpa perasaan malu.

“astaghfirulloh, nang-nang (sebutan untuk anak) ngawur koe iki, hahahaha” jawab ustadz Muslim sembari tertawa diikuti dengan seisi kelas. Suasana kelas menjadi ramai dan cair karena dagelan salah santri tersebut.

“ya sudah ustadz cukupkan sampai disini dulu, alfatihah” tutup ustadz Muslim diiringi dengan dengungan surat alfatihah yang dibaca para santri. Bersamaan dengan keluarnya ustadz Muslim terdengar suara bel pulang diniyyah sore itu.

Para santri bergegas keluar untuk kembali ke asrama untuk mandi dan lain-lain guna bersiap-siap untuk sholat ashar berjamaah. Namun berbeda dengan Mubarok yang masih santai santai dengan shohibnya, Abu Dzar. Keduanya bercakap-cakap sembari pulang ke asrama.

Baca selengkapnya di sini

Tags : Hari Santri 2018 , Lomba Cerpen , PKB ,

Berita Terkait