Lomba Cerpen Santri 2018

Pesantren dan Pengalamanku

| Jum'at, 23/11/2018 18:33 WIB
Pesantren dan Pengalamanku Dok Radarbangsa

Oleh: Asdar Rahmat Ilah

RADARBANGSA.COM - Keberadaan pesantrenku ku kini di butuhkan oleh umat. Di dalamnya berhimpun beragam ilmu sebagai hidup dimasa depan. Para santri mendapat gembelengan dengan cahaya ilmu ,agar mereka dapat meniti karir sebagai hamba ALLAH SWT yang gemilang  didunia dan di akhirat.Demikian pula halnya dengan pesantrenku yang berada di KALIMANTAN TIMUR tempatnya dikota TANJUNG REDEB kecamatan SAMBALIUNG Kabupaten Berau.

Pada mulanya, pesantren ini di bangun pada tanggal 06 Agustus 2008,bentuk bangunan rumah tingkat yang terbuat dari serpihan kayu .B angunan ini berdiri kokoh diatas sebuah danau .Sengaja pesantren ku ini ,dibangun dengan bahan kayu untuk menyesuaikan kondisi masyarakat yang menyatudengan alam. Bangunan fisiknya dibilang masihada  kekurangan .Tetapi aku tidak memandang dari sisi kekuranganya,akan tetapi aku memandang dari sudut pembelajaranya. Bangunan ini di dalamnya terdapat 2 lantai, lantai atas dan lantai bawah lantai atas untuk santri putri dan lantai bawah untuk santri putra .Bangunan ini terdapat beberapa kelas -  kelas unggulan,untuk mwnambah fasilitas dalam menunjang ilmu ke depan ,pesantren AL- KHOLIL membangun sayap di tempat lain ,yaitu denga bangunan masjid besar ,jarak pesantrenku dari masjid kurang lebih 4 kilo meter ,letaknya berada di kampung limunjan kecamatan SAMBALIUNG.

Munkin ada yang bertanya , Apa maknanya AL – KHOLIL yang di pakai sebagai nama pesantren ? .  .  .  .  .Menurut K H. SUHARI MUSTAJI  pengasuh pondok pesantrenku . ‘’ AL –KHOLIL ‘’ Yang artinya kekasih pilihan, penamaan ini di karnakan dari sebuah mimpi seorang guru dari K H . SUHARI MUSTAJI pengasuh pondok pesantrenku. Penamaan ini juga di tujukan untuk menompa semangat belajar para santri , dalam mencari ilmu dan melaksanakan ajaran nabi MUHAMMAD SAW. Demi meraih ridho allah S W T.  

Sebenarnya , pondok pesantren AL – KHOLIL  yang sangat amat sederhana ini menyimpan banyak kenangan memory. Mulai dari santri yang sangat sedikit ,pada awanya berkisar hanya di hitung dengan angka belasan saja ,semakin lama jumlah santri di pondoku semakin meningkat perkembanganya ,hingga santri yang sampai sekarang ini bisa di hitung dengan angka ratusan

Masyarakat disekitar sangat berantusias menyambut pondok pesantren ini , mereka banyak berharap bahwa dengan adanya keberadaan  pondok pesantren di kota mereka ini, akan memudahkan anak – anak atau generasi pemuda penerus, mengkaji agama islam .Menurut ustadz IBNU UBAIDILLAH pengurus pondok pesantren  AL – KHOLIL , memberi visi dan misi pondok pesantren ini adalah “ANGGUN DALAM ILMU INDAH DALAM PRILAKU”.Menguatkan dan melestarikan Aqidah Ahllussunnah Waljama’ah Al – ASYA’RI  AS – SYAFI’I dan menjadikan anak  -  anak  yang mau belajar agama, serta menerapkannya dalam kehidupan di masyarakat.

Materi yang di ajarkan di sini meliputi ilmu – ilmu akhirat  yaitu seperti ilmu al- qur’an ,ilmu tauhid atau tassawuf , ilmu akhlak,  ilmu fiqih , ilmu nahwu dan shorof , dan ada beberapa bahasa yaitu bahasa surga atau bahasa arab,dan bahasa inggris.

Rata–rata para santri putra dan santri putri ,berasal dari kampung – kampung  yang berbeda  di daerah sekitaran Berau ,dan tidak sedikit pula yang berasal dari sekitaran luar berau . pondok pesantrenku ini, termasuk pondok pesantren yang bisa di katakan populer  dikalangan masyarakat berau dan di luar berau.

Baca selengkapnya di sini

Tags : Hari Santri 2018 , Lomba Cerpen , PKB ,

Berita Terkait