Sepakat Jaga Persatuan, Tokoh Masyarakat-Gubernur Papua Bertemu

| Kamis, 05/09/2019 22:11 WIB
Sepakat Jaga Persatuan, Tokoh Masyarakat-Gubernur Papua Bertemu Gubernur dan tokoh masyarakat Papua menggelar pertemuan dan menghasilkan kesepakatan menjaga persatuan dalam bentuk deklarasi damai, di Swiss-bel Hotel, Jayapura, Kamis (5/9) malam. (Foto: pospapuacom)

JAYAPURA, RADARBANGSA.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe dan tokoh masyarakat Papua melakukan pertemuan di Swiss-Bel Hotel, Jayapura, Kamis, 5 September 2019 malam. Pertemuan yang juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghasilkan deklarasi damai dan sepakat menjaga persatuan.

Kapolri berharap deklarasi ini bisa diterapkan ke masyarakat. Hal itu agar semua masyarakat menjaga Papua tetap damai.

"Mudah-mudahan dengan adanya deklarasi damai akan bergema di seluruh Papua, dan di-follow up ditindaklanjuti oleh kepala daerah, Kapolres, Dandim, Forkopimda yang ada di semua kabupaten dan kota sambil membuat kegiatan dalam rangka harmonisasi masyarakat yang berbeda etnis suku dan agama dan ras yang ada di tanah air kita," kata Tito dalam sambutannya.

Baca Juga: Selesaikan Konflik Papua, Kiai Maruf: Tiru Cara Gus Dur

Deklarasi ini menurutnya menjadi pengingat seluruh masyarakat Papua bersaudara. Karena itu, deklarasi ini disebut juga sebagai kesepakatan untuk menjaga persatuan Indonesia.

"Deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Papua tanah yang damai. Bapak ibu sekalian sebentar lagi kita akan deklarasi, ini adalah kesepakatan kita bersama sebagai anak bangsa. Saya ingin sampaikan bahwa deklarasi mengingatkan kepada kita semua bahwa kita satu keluarga, sebangsa dan setanah air Indonesia," tuturnya.

Dilansir dari detik.com, berikut isi deklarasi damai yang dibacakan didepan tokoh masyarakt Papua:

1. Menjaga persatuan dan kesatuan di Tanah Papua.
2. Hidup berdampingan rukun damai dengan penuh kasih sayang.
3. Sepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar.
4. Sepakat menolak kelompok separatis dan radikal di tanah Papua.

Deklarasi ini selanjutnya ditandatangani oleh Gubernur Papua, Ketua MRP Timotius Murib, Ketua DPRP Yunus Wonda dan para tokoh masyarakat yang hadir.

Tags : Deklarasi Damai , Papua , Panglima TNI , Kapolri

Berita Terkait