Resmikan Pabrik Mobil Esemka, Jokowi Ajak Semua Pihak Mendukung

| Jum'at, 06/09/2019 14:39 WIB
Resmikan Pabrik Mobil Esemka, Jokowi Ajak Semua Pihak Mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali (dok Twitter @kemenhub151)

BOYOLALI, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik perakitan mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat 6 September 2019.

Acara peresmian pabrik yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah itu juga dihadiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin.

Dalam pidatonya Jokowi mengajak semua pihak mendukung karya anak bangsa ini. "Ini (Esemka) adalah merek kita sendiri yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun yang lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK, ada inisiator-inisiator yang dulu saya kenal ada di sini semua," kata Jokowi.

Dia juga bicara keberadaan pabrik Esemka bisa menimbulkan dampak positif buat perekonomian Indonesia, terutama di Boyolali yang dikatakan akan mendapat manfaat sangat besar. "Sebab itu kita semuanya harus mendukung," kata Jokowi.

Pabrik Esemka di Boyolali menghabiskan dana investasi senilai Rp 600 miliar. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluar 115 ribu meter per segi dengan luas bangunan 12.500 meter per segi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun.

Pabrik ini juga dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi.

Mobil Esemka saat ini sebagian besar telah menggunakan komponen yang disuplay dari perusahaan lokal. Mulai dari bak dan chassis (PT INKA), blok mesin dan blok transmisi (PT Cikarang Persada Manufacturing), dashboard dan setir (PT Usra Tampi), Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal), Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), Pelumas (Pertamina).

Oil filter dan Fuel Filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nippress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), Knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), Starter Assy (Fuller Autoparts Indonesia), Per Daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), dan masih banyak lagi.

Tags : Jokowi , Esemka