Woww..Layanan 5G Segera Jadi Kenyataan!

| Selasa, 26/12/2017 23:28 WIB
Woww..Layanan 5G Segera Jadi Kenyataan! Layanan 5G (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Jaringan internet super cepat kian mendekati kenyataan setelah disepakatinya spesifikasi pertama untuk jaringan 5G.

The 3rd Generation Partnership Project (3GPP), organisasi yang mengatur standar seluler di kancah internasional, telah menandatangani spesifikasi pertama untuk 5G yang berlangsung dalam pertemuan di Lisbon, Portugal.

Dilansir dari laman detik.com, Selasa, 26 Desember 2017, spesifikasi jaringan generasi kelima yang telah disetujui ini mencakup spektrum yang luas, mulai dari band 600 dan 700 MHz hingga bagian gelombang milimeter dari spektrum 50 GHz.

Dengan demikian, kecepatan data yang ditawarkan akan jauh lebih melesat ketimbang layanan 4G LTE yang telah berjalan saat ini.

Dikutip dari The Verge, langkah tersebut semakin mendekatkan kita ke layanan 5G. Pasalnya, dengan telah disepakatinya spesifikasi 5G tersebut, akan memberikan jalur komersialisasi layanan 5G.

Operator seluler sekelas T-Mobile dan Verizon bahkan menjanjikan jaringan 5G akan meluncur pada 2018 dan 2019.

Di Indonesia sendiri, sejumlah operator mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, hingga Smartfren juga telah melakukan pengujian untuk persiapan menuju 5G. Ke depan, 3GPP pun berjanji akan membeberkan spesifikasi mengenai 5G lebih rinci dalam beberapa waktu ke depan.

Tags : Layanan 5G ,

Video Terkait