Canggih! Apple Watch Deteksi Diabetes 462 dari 14000 Penggunanya

| Senin, 12/02/2018 07:01 WIB
Canggih! Apple Watch Deteksi Diabetes 462 dari 14000 Penggunanya Foto techradarcom

RADARBANGSA.COM - Apple Watch telah lama jadi aksesoris yang tak cuma canggih dan elegan, namun juga mengusung fitur yang bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai penyakit seperti penyakit jantung, bisa terdeteksi lebih awal karena rekam yang dilakukan Apple Watch.

Bahkan menurut studi terbaru dari founder Cardiogram yakni Brandon Ballinger, Apple Watch dapat mendeteksi diabetes pada penderitanya dengan akurasi 85 persen.

Dilansir dari merdeka.com, studi ini merupakan bagian dari proyek studi Deep Heart yang dihelat oleh Cardiogram dan UCSF yang menggunakan data dari 14.000 pengguna Apple Watch.

Dari data tersebut, Apple Watch dapat mendetaksi bahwa 462 di antaranya menderita diabetes. Penyakit ini terdeteksi dari sensor denyut jantung dalam perangkat jam tangan canggih tersebut.

Hal ini memang masuk akal terjadi. Menurut Framingham Heart Study, denyut jantung istirahat serta denyut jantung dalam variabilitas tertentu bisa memprediksi diabetes dan hipertensi.

Menurut Ballinger dan rekan-rekannya dalam meneliti Apple Watch, jam tangan ini mampu mendeteksi irama jantung yang abnormal dengan akurasi 97 persen, gangguan pernapasan tidur atau sleep apnea dengan akurasi 90 persen, diabetes dengan akurasi 85 persen, serta hipertensi dengan akurasi 82 persen.

Tags : Apple , Info Pagi , Sehat

Video Terkait