Ingin Gadget Tetap Awet, Baca Tips Berikut ini!

| Kamis, 15/02/2018 19:31 WIB
Ingin Gadget Tetap Awet, Baca Tips Berikut ini! Merawat Gadget. (Foto:Loop)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Gadget telah menjadi tren generasi Milenials dan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Sekarang ini hampir setiap orang pasti menggunakan dan mempunyai gadget sebagai alat untuk menunjang kemudahan dalam berbagai aktivitas.

Penggunaan gadget tidak hanya untuk aktif bersosial media, tetapi bisa lebih luas untuk mengakses informasi dan menyalurkannya lagi kepada ranah yang lebih luas.

Ketergantungan pada gadget membuat kita menjadi sangat dekat dengannya dan hampir tidak pernah bisa melepaskannya kecuali saat kita tertidur. Dan karena ketergantungan yang sangat inilah, terkadang kita abai saja dengan kondisi gadget yang kita gunakan sehari-hari tanpa memperhatikan bahwa gagdet kita ini juga butuh treatment dan perlakuan khusus agar dapat bekerja maksimal dan memudahkan kita dalam berbagai hal.

Berikut ini adalah tips untuk merawat gadget agar lebih awet yang dilansir dari teknonisme.com untuk terus menemani aktivitas kita sehari-hari.

1. Isi Baterai Setelah Habis Total

Agar awet, jangan biarkan baterai smartphone habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena haus. Dan jangan sering-sering mengisi ulang baterai lewat laptop!

2. Jangan Sering Dicas Semalaman

Rata-rata smartphone dan gadget lainnya telah dibekali teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Tapi bukan berarti ini 100% aman bagi baterai. Akan lebih baik jika kamu cabut baterai saat indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak harus menunggu 100%.

3. Jangan Gunakan Charger yang Bukan Bawaan

Di pasaran, banyak beredar adapter charger yang dibekali kemampuan fast charging. Namun perlu diketahui isi ulang baterai dengan charger palsu atau bukan bawaan itu berbahaya. Pastikan untuk hanya menggunakan charger yang bukan bawaan jika dalam keadaan darurat saja.

4. Jangan Mengisi Ulang Sambil Tetap Dipasangi Case Tambahan

Case tambahan seperti hardcase, softcase, atau bumper memang akan membuat smartphone jadi aman dan nyaman digunakan. Tapi penggunaan case tambahan saat proses isi ulang baterai justru akan membuat smartphone cepat rusak karena aliran panas di permukaan jadi terhalang. Sebaiknya cabut case apa pun dari smartphone saat diisi ulang.

5. Jangan Sembarangan Menyimpan gadget/Smartphone di Tas

Jika ingin awet, sebaiknya simpan smartphone di dalam tas hanya jika dilengkapi case pelindung layar agar tidak tergores dengan isi tas kamu.

Tags : Gadget , Smartphone , Tips Perawatan

Video Terkait