Meski Belum Lengkap, Kominfo Apresiasi Jawaban Facebook Soal Kebocoran Data

| Jum'at, 13/04/2018 19:50 WIB
Meski Belum Lengkap, Kominfo Apresiasi Jawaban Facebook Soal Kebocoran Data Facebook Indonesia. (Foto: net)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengapresiasi surat jawaban dari Facebook melalui Kepala Perlindungan Data dari Facebook Irlandia. Meski permintaan tersebut belum dijawab sepenuhnya oleh pihak raksasa media sosial tersebut.

"Kementerian Kominfo mengapresiasi respons Facebook atas surat peringatan yang diberikan dan keinginan untuk membantu secara sukarela. Meskipun belum semua informasi yang diminta oleh Pemerintah Indonesia dipenuhi dalam surat jawaban," kata Kominfo melalui rilisnya yang dilansir setkab.go.id, Jumat 13 April 2018.

Diketahui, dalam surat balasan yang dikirim oleh Perlindungan Data dari Facebook itu, diantaranya: Pertama, Facebook telah melakukan audit terhadap kebocoran data pribadi dari penggunanya, walaupun hasil auditnya belum disampaikan secara lengkap dan rinci kepada Kementerian Kominfo.

"Kedua, Facebook telah memberikan rincian informasi mengenai akses pihak ketiga terhadap data user pass log in dalam aplikasi Cambridge Analytica," lanjutnya.

Termasuk, Facebook telah melakukan update kebijakan dan perubahan fitur yang memungkinkan pihak ketiga menggunakan data pribadi pengguna.

Oleh karena itu, Kominfo membutuhkan penjelasan mengenai struktur tanggung jawab di Facebook ketika terjadi penyalahgunaan dan/atau diciderainya data pribadi pengguna FB dari Indonesia. Sebab, dimanapun penanggung jawab Facebook, tetap dapat diterapkan yuridiksi virtual terhadap legislasi/regulasi Indonesia.

"Belum dijelaskan tindakan apa yang dilakukan Facebook terhadap bentuk informasi dan cara pemberitahuan penyalahgunaan data pengguna sebagai bentuk early warning dalam platform Facebook yang membantu pengguna," lanjut Kominfo dalam rilisnya itu.

Tags : Facebook , Kominfo , Data Bocor ,

Video Terkait