Embun Es di Dieng, LAPAN: Tidak Ada Hubungannya dengan Gerhana Bulan

| Jum'at, 27/07/2018 19:01 WIB
Embun Es di Dieng, LAPAN: Tidak Ada Hubungannya dengan Gerhana Bulan Fenomena embun es di pegunungan Dieng yang diunggah oleh akun Sutopo, Kepala Pusat data dan informasi Humas BNPB. (Foto: twitter @Sutopo_PN)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho baru-baru ini mengungkap fenomena embun es yang mirip salju di puncak Pegunungan Dieng. Sutopo mengunggah beberapa foto mengenai kondisi di Dieng pada Kamis, 26 Juli 2018 pagi lewat akun pribadi di laman Twitter.

Fenomena tersebut cukup unik karena menjelang terjadinya Gerhana Bulan Total (GBT) terlama yang akan terjadi pada Sabtu (28/7). Namun, dua fenomena tersebut ditanggapi oleh peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto bahwa tidak ada kaitan antara keduanya. 

"Gerhana atau bulan purnama tidak ada sangkut pautnya dengan fenomena atmosfer tersebut," kata Rhorom seperti dikutip dari okezone.com, Jum`at, 27 Juli 2018.

Dia mengungkapkan bahwa embun dingin yang terjadi di pegunungan Dieng merupakan fenomena atmosfer yang terjadi karena terjadinya musim dingin di Australia. "Kemungkinan ada angin bertiup dari Australia yang sedang musim dingin. Akibatnya temperatur di beberapa wilayah Indonesia sempat turun normal," jelas Rhorom.

Tags : LAPAN , Embun Es Dieng , Gerhana Bulan Total

Video Terkait