Kominfo Pastikan Wi-fi Gratis Saat Asian Games 2018

| Rabu, 08/08/2018 20:46 WIB
Kominfo Pastikan Wi-fi Gratis Saat Asian Games 2018 Rudiantara (Menteri Kominfo RI). (Foto: metrotvnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan ketersediaan jaringan wi-fi untuk gelaran Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus 2018 mendatang. Kecepatan internet yang disediakan di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) akan mencapai 5 Gbps.

"Jaringannya sudah disiapkan. Khusus bahkan saat Pembukaan di Stadion Utama (GBK) kita rancang skenarionya menggunakan wi-fi gratis. Ada total bandwidth yang disediakan dari 10-50 GB, jadi sangat besar," kata Menteri Kominfo Rudiantara di Jakarta, rabu, 8 Agustus 2018.

Dia berharap, masyarakat yang menghadiri Asian Games 2018 nantinya bisa dengan bebas mengunggah momen-momen penting tanpa perlu kesulitan mendapatkan internet. Karena, lanjutnya, biasanya jaringan internet sulit didapatkan di lokasi yang sangat padat pengguna.

"Jadi kita ingin memberikan suatu suasana yang berbeda. Jadi masyarakat siapapun yang datang ke sana (Asian Games) nanti kan maunya mengambil foto, bikin video, enggakmau posting setelah selesai di luar. Karena kalau seluler di sini tidak akan sanggup menanggungnya," jelas Rudiantara seperti dikutip dari kumparan.com. 

Adapun nantinya wi-fi tersebut akan disebar di 400 titik di sekitar kawasan GBK. Hal itu sengaja dilakukan agar jangkauan internet luas, khususnya bagi atlet dan official yang bertanding disana. 

Selain itu, Rudiantara menyebut bahwa momen Asian Games juga akan dimanfaatkan untuk uji coba jaringan 5G. "Nanti dalam pelaksanaan Asian Games juga akan diuji cobakan teknologi yang 5G. Aplikasinya ada dua, satu untuk mobil otonom, jadi ada bus kecil yang jalan enggak ada sopirnya, enggak ada apanya, tapi berdasarkan traffic-nya dia bisa ngerem sendiri, jalan kekiri ke kanan," ujarnya. 

Tags : Kominfo RI , Asian Games 2018 , Jaringan Internet

Video Terkait