Indonesia Jalin Kerja Sama Digital dengan Arab Saudi, ini Penjelasan Kominfo

| Rabu, 03/07/2019 18:50 WIB
Indonesia Jalin Kerja Sama Digital dengan Arab Saudi, ini Penjelasan Kominfo Rudiantara (Menteri Kominfo RI). (Foto: metrotvnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara berkunjung ke Riyadh, Arab Saudi untuk menandatangani nota kesepahaman kerja sama dalam bidang ekonomi digital antar kedua negara. Kerja sama ini, menurutnya, mendorong visi Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia tahun depan.

"Kerja sama ini akan turut mendorong visi Indonesia untuk menjadi Energi Digital Asia tahun depan, sekaligus menguatkan dukungan Indonesia pada pencapaian Visi 2030 Arab Saudi yang terus memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak," kata Rudiantara dalam keterangan resmi, Rabu, 3 Juli 2019.

Inisiasi kerja sama itu sudah dilakukan sejak pertemuan G20 di Dusseldorf, Jerman pada 2017 lalu. Arab Saudi, menurut keterangan Kominfo, tertarik menjalin kerja sama dalam bidang ekonomi digital setelah melihat kesuksesan Indonesia menelurkan empat perusahaan unicorn.

Kerja sama itu akan mendorong investasi Arab Saudi pada sektor ekonomi digital di Indonesia yang diharapkan dapat menghasilkan unicorn baru. Selain itu, kolaborasi ini diharapkan akan terjalin pertukaran informasi, pengalaman dan pengetahuan dari para ahli serta penetrasi Indonesia untuk produk atau teknologi digital ke Arab Saudi.

Tak hanya pemerintah, Kominfo juga melibatkan wirausahawan muda dan usaha kecil menengah dalam kerja sama selama lima tahun mendatang. Kominfo juga melibatkan para perusahaan rintisan yang berstatus unicorn dalam kerja sama ini.

Rudiantara menyatakan Traveloka dan Tokopedia akan terlibat dalam kerja sama ini, antara lain untuk berbagi pengalaman dengan pemerintah Arab Saudi. Selain agenda tersbeut, Rudiantara juga dijadwalkan untuk membahas kolaborasi digital, diantaranya pengembangan Umrah Digital Enterprise, 1.000 Inovasi Digital dan pembentukan Satgas Digital. 

Tags : Kominfo , Kerja Sama Digital , Indonesia , Arab Saudi