Tekan Kemacetan Jakarta, Ganjil-Genap Bakal Ditambah 15 Jam Perhari

| Sabtu, 13/07/2019 07:30 WIB
Tekan Kemacetan Jakarta, Ganjil-Genap Bakal Ditambah 15 Jam Perhari Ilustrasi kemacetan. (Foto: katadatacoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Polda Metro Jaya akan mendukung wacana sistem ganjil-genap di Jakarta seperti yang diterapkan pada perhelatan Asian Games Agustus 2018 lalu dipermanenkan.

Sistem ganjil-genap di Ibu Kota saat Asian Games waktu pelaksaannya lebih panjang ketimbang ganjil-genap pada umumnya. Dimana sistem ganjil-genap berlaku 15 jam sejak pukul 06.00 hingga 21.00 WIB.

Selain durasi yang lebih lama, saat Asian Games sistem ganjil-genap juga diterapkan di wilayah Jakarta yang pada hari biasa tidak dikenakan sistem tersebut. Kebijakan itu dinilai mampu mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Jika memang hal tersebut berdampak positif maka, polisi menyebut kenapa tidak pihaknya mendukung hal itu dipermanenkan. Memang tak bisa dipungkiri sistem ganjil-genap yang diterapkan saat Asian Games lalu cukup membantu mengurai kemacetan Jakarta.

"Kalau memang itu mengurangi kemacetan dan memang sudah diteliti oleh Pemprov, kita oke saja (mendukung)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat 12 Juli 2019.

Namun, dia menegaskan kalau polisi tak punya hak mempermanenkan. Pihaknya hanya akan menjalankan jika kebijakan itu diterapkan.

Yang punya wewenang untuk mempermanenkan hal tersebut tak lain adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Maka, Argo menilai ada baiknya hal itu ditanyakan terlebih dulu ke pihak Pemprov DKI Jakarta.

"(Iya mengikuti saja) Yang punya wewenang kan sana (Pemprov DKI Jakarta)," kata Argo.

Tags : Jakarta , Ganjil Genap , Macet

Video Terkait