Kominfo: Konstruksi Palapa Ring di Papua Kelar Bulan ini

| Kamis, 15/08/2019 20:25 WIB
Kominfo: Konstruksi Palapa Ring di Papua Kelar Bulan ini Rudiantara (Menteri Kominfo RI). (Foto: metrotvnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan pembangunan konstruksi Palapa Ring selesai di bulan ini. Pembangunan `Tol Langit` termasuk konstruksi Palapa Ring Timur yang mencakup wilayah Papua dan sekitarnya.

"Pemerintah terus membangun infrastruktur telekomunikasi. Insyaallah Palapa Ring konstruksinya selesai bulan ini," kata Rudiantara kepada awak media di kampus UGM, Yogyakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

Baca Juga: Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur Indonesia Terintegrasi Juni 2019

Dia menjelaskan, setelah selesai pembangunan konstruksi ini, masih dibutuhkan waktu untuk stabilisasi Palapa Ring ini. Selanjutnya, baru infrastruktur tulang punggung internet kecepatan tinggi ini bisa dikomersialkan pada September 2019 mendatang.

"Nanti perlu stabilisasi katakanlah sebulan. Jadi secara komersial sudah bisa beroperasi akhir September. Itu Palapa Ring, jadi tidak ada lagi kabupaten/kota yang tidak terhubung dengan jaringan tulang punggung (internet)," ujarnya seperti dikutip dari detik.com, Kamis, 15 Agustus 2019.

Rudiantara mengungkapkan, pembangunan infrastruktur Palapa Ring Timur khususnya di Papua tidak berjalan dengan mudah. Hal itu karena 28 lokasi pembangunan tower jauh dari jalan raya dan satu-satunya akses ke lokasi hanya bisa ditempuh lewat jalur udara.

"Mengapa lama? Karena ada 52 lokasi yang harus dibangun tower. Dari 52 lokasi, 28 lokasi itu di ketinggian 2.500, 3.000, 3.500 meter yang tidak ada jalan setapakpun," ucapnya. 

Tags : Kominfo , Palapa Ring , Tol Langit , Papua