Empat Kota Ini Patut Dikunjungi Saat Libur Imlek

| Jum'at, 16/02/2018 11:10 WIB
Empat Kota Ini Patut Dikunjungi Saat Libur Imlek Pernak pernik Imlek (foto: jabarprovgoid)

RADARBANGSA.COM - Pakaian dan pernak-pernik berwarna merah, naga dan barongsai, kue keranjang, lilin, serta jeruk mandarin adalah beberapa icon yang dipastikanmudah ditemukan kala perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek. Tak terkecuali ketika perayaan Tahun Baru Cina 2569 hari ini, Jumat 16 Februari 2018.

Imlek biasanya disambut dengan suka cita. Tak hanya berberes dan mendekorasi rumah, membeli pakaian baru, dan memasang pernak-pernik khas Imlek, biasanya masyarakat keturunan Tionghoa juga menyelenggarakan perhelatan akbar untuk merayakan datangnya tahun baru. Lalu di manasajakah lokasi perayaan Imlek yang wajib dikunjungi?

1. JAKARTA

Kemeriahan Imlek identik dengan lampion dan pernak-pernik berwarna merah. Hal ini dapat dijumpai  sudut-sudut kampung cina atau pecinan, misalnya di kawasan Glodok. Dalam kawasan ini, terdapat sebuah klenteng yang sangat terkenal yaitu Klenteng Petak Sembilan, bagi Kalian yang ingin mengincar momen-momen keseruan Imlek, pastinya wajib untuk berkunjung ke klenteng ini.

Biasanya sebelum perayaan Imlek berlangsung, terdapatTradisi Kimsin atau ritual memandikan patung dewa-dewi di Klenteng Petak Sembilan ini. Selain untuk membersihkan, hal ini juga memiliki makna untuk menangkal hal-hal buruk. Biasanya pada hari berlangsungnya Imlek, banyak warga keturunan Tionghoa yang datang ke klenteng ini untuk berdoa dan memberi sedekah.

Perayaan Imlek juga turut diramaikan di beberapa pusat perbelanjaan dan juga mall. Biasanya terdapat diskon khusus dan atraksi-atraksi seru untuk mengundang orang datang ke mall tersebut.

2. SEMARANG

Satu lagi kota yang terkenal akan pecinannya, yaitu Semarang. Kota yang satu ini terkenal dengan kelenteng terbesarnya di Jawa. Pasti sudah banyak dari kita yang mengenal Klenteng Sam Po Kong, atau bahkan sudah pernah berkunjung. Nah, Imlek di kota Semarang ini pun sayang untuk dilewatkan.

Satu kebiasaan yang terkenal adalah pagelaran Pasar Semawis. Setiap tahunnya, ada tema-tema tertentu yang diusung dalam pagelaran imlek di Pasar Semawis ini. Tak hanya pertunjukan dan pentas seni, Pasar Semawis juga menjual berbagai macam kuliner khas Imlek hingga kuliner lokalpun dapat dijumpai di sini.

3. BANGKA BELITUNG

Kegembiraan datangnya imlek juga dirayakan di Kepulauan Bangka Belitung. Biasanya warga keturunan Tionghoa di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, melaksanakan prosesi ritual dan sembahyang di Klenteng Kwan Tie Miau.

Biasanya Imlek di kota ini disemarakan dengan adanya arak-arakan barongsai dan seni pertunjukan lainnya. Satu hal yang menarik adalah adanya festival lampion di Citraland Botanical City, Pangkal Pinang. Ada ratusan lampion pada malam hari sebagai wujud pengiriman doa dan harapan kepada sang pencipta. Tak salah jika Pangkal Pinang menjadi destinasi wajib didatangi ketika Imlek.

4. SINGKAWANG

Kota yang satu ini tidak bisa dilewatkan dalam perayaan Imlek. Kota yang satu ini nantinya biasanya menyuguhkan ratusan stand dan juga panggung hiburan. Acara ini nantinya akan berlangsung dari malam tahun baru Imlek hingga lima belas hari ke depan.

Biasanya perayaan Imlek di Singkawang lebih meriah pada hari ke-lima belas, yaitu Cap Go Meh. Mulai dari arak-arakan naga dan barongsai hingga pertunjukan Tatung atau atraksi debus. Kota seribu klenteng ini setiap tahunnya memang rutin mengadakan acara perayaan Imlek yang tentunya ramai diserbu wisatawan domestik maupun asing.

Tags : Gong Xi Fa Cai , Imlek

Berita Terkait