Festival Pesona Tambora 2018, Cara Promosi Wisata ke Mancanegara

| Jum'at, 06/04/2018 17:01 WIB
Festival Pesona Tambora 2018, Cara Promosi Wisata ke Mancanegara Gunung Tambora. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Festival Pesona Tambora 2018 segera digelar. Perhelatan yang akan berlangsung di Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) ini dijadwalkan pada 9-11 April 2018. Namun, rangkaian acara telah dimulai sejak 1 April lalu.

Sebagai pemanasan, Tamborun dan touring pecinta motor gede (moge) telah digelar pada 1 April. Selain itu, Konsep sport tourism juga semakin ditegaskan dengan Tambora Challange dengan rute lari sepanjang 320 kilometer.

Tambora Challange ini akan mengambil start di Sumbawa Barat dan finish di wilayah Doro Canga, Kabupaten Dompu. Event ini berstatus internasional. Sebab, sedikitnya delapan negara menyatakan akan ambil bagian. Peserta mancanegara diantaranya berasal dari Malaysia dan Australia. Tambora Challenge akan melibatkan 50 atlet lari.

Menu internasional lainnya adalah surfing di Pantai Lakey. Peserta event ini juga dari beberapa negara. Mereka akan bersaing unjuk skill, sekaligus menikmati vibrasi harmoni pantai di Sumbawa.

Parade seni budaya tidak akan ketinggalan. Kegiatan kebudayaan ini akan digelar di Pekat Tambora. Selain itu, ada juga Sangiang yang digelar di wilayah Kabupaten Bima.

Kemudian, untuk tahun 2018 ini, pendakian Gunung Tambora akan dilaksanakan pada 9 April. Pada penyelenggaraan tahun ke-4, FPT 2018 disiapkan lebih detail dimana penyelenggaraan festival ini melibatkan lima kabupaten dan kota se-Pulau Sumbawa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Festival Pesona Tambora 2018 memiliki persiapan bagus. Untuk itu, Menpar yakin pelaksanaan tahun ini akan lebih meriah. “FPT 2018 ini akan lebih meriah. Event-event yang ditawarkan lebih menarik. Semua bisa menyatu dengan eksotisme alam Gunung Tambora. Jadi jangan sampai dilewatkan begitu saja,” kata dia beberapa waktu lalu melalui siaran pers.

Tags : Festival Pesona Tambora 2018 , Kementerian Pariwisata , Pulau Sumbawa

Berita Terkait