Tingkatkan Kunjungan Wisman, Kemenpar Ubah TMII Jadi Destinasi Wisata Budaya

| Selasa, 17/04/2018 18:39 WIB
Tingkatkan Kunjungan Wisman, Kemenpar Ubah TMII Jadi Destinasi Wisata Budaya Pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dwisuryo Indroyono Soesilo mengatakan, kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) semestinya dapat ditingkatkan karena potensinya sebagai destinasi wisata budaya.

"Tahun lalu dari 2,5 juta kunjungan wisman ke DKI Jakarta, yang ke TMII hanya 100 ribu wisman. Layaknya 1,5 juta wisman," kata Dwisuryo Indroyono Soesilo, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 16 April 2018.

Salah satu alasan TMII dijadikan sebagai destinasi wisata budaya untuk kunjungan wisman karena beberapa waktu lalu sejumlah wisman dari kapal pesiar Genting Dream Cruise singgah di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Menurut Dwisuryo, TMII sebagai destinasi wisata budaya mempunyai banyak keunggulan, terutama penampilan seni budaya dari 34 paviliun yang merupakan miniatur Nusantara.

"Untuk meningkatkan kunjungan wisman ke TMII adalah dengan menjadikan TMII sebagai destinasi wisata budaya bagi wisman cruise yang sekali merapat membawa sekitar enam ribu wisman," jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi, dan Seni Budaya Kemenpar, Tetty Arianto, mengatakan TMII merupakan destinasi wisata budaya yang paling lengkap di Indonesia.

"Fokus kita saat ini adalah mempromosikan dan menjual paket TMII agar banyak dikunjungi wisman," kata Tetty Arianto.

Hingga saat ini, kawasan TMII memiliki replika rumah adat tradisional dari seluruh Tanah Air mulai Aceh hingga Papua yang mengambarkan seni budaya dan tradisi dari setiap provinsi di Indonesia. Selain itu, TMII juga dilengkapi dengan museum, taman bunga, dan taman burung.

Tags : TMII , Destinasi Wisata Budaya , Kemenpar RI

Berita Terkait