Cak Imin Hadiri Tradisi Nadran di Muara Angke

| Kamis, 19/04/2018 11:54 WIB
Cak Imin Hadiri Tradisi Nadran di Muara Angke Cak Imin saat menghadiri Pesta Laut di Muara Angke, Jakarta Utara

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pesta Laut atau biasa disebut Nadran kembali digelar oleh komunitas nelayan di Kali Adem Muara Angke, Jakarta utara, Kamis 19 April 2018.

Kegiatan tersebut nampak lebih meriah dari tahun-tahun biasanya lantaran turut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Cak Imin merasa senang bisa turut serta mengikuti kegiatan itu yang juga dirangkai dengan sejumlah pagelaran seni budaya dan doa mensyukuri hasil tangkapan ikan. 

"Saya ikut berbahagia diajak nelayan Kali Adem, Muara Angke pesta laut. Ini sedekah yang diberikan masyarakat sekaligus ada ritual wayangan yang menjaga tradisi dan budaya sekaligus doa-doa untuk kesejahteraan nelayan kita," ujar Cak Imin di kampung nelayan, Muara Angke.

Tak hanya mengikuti kegiatan di bibir pantai, Cak Imin bersama para nelayan Muara Angke juga ikut naik ke salah satu kapal yang berlayar ke tengah laut. 

"Selain menyaksikan sedekah laut juga menyaksikan masyarakat senang-senang melempar sedekah. Ini menyenangkan," katanya. 

Melihat antusiasme masyarakat, Cak Imin meminta pemerintah provinsi DKI Jakarta pro aktif memperhatikan, mengembangkan dan memfasilitasi tradisi Nadran itu.

"Di Jakarta masih ada tradisi seperti ini dari komunitas yang harus kita perhatikan oleh pemerintah DKI maupun pemerintah pusat,” kata Cak Imin.

Semestinya, lanjut Cak Imin, kegiatan semacam ini dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata menarik yang cukup langka di Ibu Kota.

“Semestinya dikembangkan menjadi daerah wisata atau daerah yang modern supaya kemajuan cepat terlaksana di sini," pungkas Cak Imin. 

Tags : Cak Imin , Muara Angke , Pesta laut